Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Manfaat Dana Darurat yang Penting untuk Kamu Ketahui

Sudahkah Anda Memiliki Dana Darurat?
Dana darurat penting dimiliki oleh siapapun itu yang sudah bekerja atau memiliki tanggungan. Dalam perencanaan keuangan, faktor pertama yang harus dimiliki adalah dana darurat sebelum melangkah ke investasi.

Dana darurat harus dalam bentuk tunai di tabungan. Bukan berupa emas atau tanah. Tujuannya karena harus bisa dicairkan dengan cepat. Minimal besar dana darurat adalah enam kali pengeluaran bulanan. Jika anggota keluarga lebih dari empat orang maka akan lebih baik jika memiliki sampai 12 kali pengelu- aran bulanan. Pengeluaran bulanan yang dimaksud ini adalah termasuk cicilan utang.

Dalam kondisi tertentu dana darurat harus digunakan, seperti tidak ada pemasukan lagi maka perubahan gaya hidup diharuskan. Bila biasa makan di luar, maka sekarang masak di rumah. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk keadaan darurat. Misalnya, sebagai antisipasi saat terkena musibah, PHK, jatuh sakit, bangkrut, dan hal lainnya yang cukup membebani pengeluaran. Sejak kapan dana darurat mulai dimiliki? Pakar keuangan pribadi menyarankan mulai menabungnya sejak Anda bekerja dan menambah jumlahnya seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga.

Banyak orang masih menganggap sepele soal dana darurat, padahal manfaatnya cukup besar khususnya bagi rumah tangga. Setidak Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari dana darurat  dan ini tidak bisa dianggap remeh. 

Karena dalam menjalani hidup kita tidak pernah tahu kapan hal hal tak terduga terjadi seperti anggota keluarga yang sakit atau kehilangan pekerjaan, untuk hal itu lah dana darurat sangat lah penting. Dana darurat bisa menjadi solusi dan dapat digunakan di saat saat sulit. Berikut beberapa manfaat dana darurat

Sangat Berguna Untuk Kebutuhan Mendesak.
 

Dana darurat akan sangat berguna untuk kebutuhan mendesak, Dana darurat yang kamu punya bisa di pakai untuk membeli makanan pokok, obat-obatan atau untuk kebutuhan sehari hari

Terhindar dari hutang

Dana darurat dapat meminimalisir kita untuk berhutang, Jika tidak memiliki dana darurat kebanyakan orang pasti akan mengambil jalan lain yaitu dengan berhutang, sebenarnya jika kita memiliki dana darurat yang sudah di siapkan dari jauh hari sebelumnya pasti kita akan terhindar dari yang Namanya berhutang, Karna kita dapat menggunakan dana darurat tersebut untuk kebutuhan sehari hari. Adanya pengaturan dana darurat juga bisa menutup lubang kekurangan pendapatan kamu apabila terkena pemotongan gaji ataupun pemutusan hubungan kerja (PHK).

Mencegah terjadi nya belanja secara
Konsumtif

Mengatur dana darurat pada kenyataan nya dapat mengurangi kebiasaan berbelanja secara konsumtif. Ketika ingin belanja sesuatu secara berlebihan kamu justru lebih memilih untuk mengalokasikan uang ke tabungan dana darurat. Intinya pengaturan alokasi dana darurat dapat menjauhkan uang dari jangkauanmu untuk digunakan buat hal-hal yang pada dasarnya bukan kebutuhan utama.

Dana masa depan menjadi lebih aman

Dengan adanya dana darurat yang kita miliki akan mengamankan harta dan tabungan yang lain jika ada kebutuhan yang sangat mendesak. Dengan adanya dana darurat juga akan melindungi segala anggaran yang sudah dipersiapkan untuk masa depan agar tidak terpakai saat ada kebutuhan mendesak. Dengan kata lain kita tak perlu menjual atau menguras tabungan utama untuk membeli kebutuhan sehari–hari.

Jadi lebih tenang

Bagian terpenting dari dana darurat yaitu bisa memberikanmu ketenangan pikiran ekstra. Dana darurat yang solid dapat meyakinkanmu untuk dapat mengelola pengeluaran yang tidak terduga dan karenanya fokus pada pekerjaanmu saat ini. Selain itu, kamu juga dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pada bidang kehidupan lain sehingga mampu semakin meminimalkan tekanan finansial.

Orang tua Mendadak Sakit Keras

Penyakit bisa datang kapan saja. Terutama bagi yang sudah berusia lanjut. Dana Darurat bisa meringankan biaya tak terduga semacam ini.

Kena PHK Tanpa Pesangon

Dana Darurat bisa menutupi pengeluaran jika kamu tiba-tiba terpaksa menganggur dan. menunggu sampai dapat income lagi.

Kecelakaan Lalu Lintas

Tidak ada yang berharap mengalami kecelakaan lalu lintas. Namun jika kamu sampai tertimpa kecelakaan, Dana Darurat bisa cover up biaya perbaikan kendaraan dan perawatan luka di rumah sakit.

Biaya Berobat

Mungkin kamu sering menahan diri jika tiba-tiba terserang penyakit ringan seperti flu dan demam. Tapi bila terpaksa harus berobat ke rumah sakit, Dana Darurat bisa diandalkan.

Bisnis Bangkrut

Untuk menjaga arus keuangan tetap stabil meski bisnis yang kamu buat mengalami kegagalan, Dana Darurat bisa jadi cadangan sampai kamu bisa siapkan bisnis berikutnya.

Dana darurat jadi hal krusial dalam pengelolaan keuangan pribadi maupun keluarga. Perannya menjadi penyelamat di masa kepepet. Meski banyak yang mengerti peran penting dana darurat itu, namun tak semua memilikinya. Pendapatan yang selalu habis menjadi alasan utamanya.

5 CARA SIAPKAN DANA DARURAT SELAMA 1 TAHUN

1 Pahami Kondisi Keuangan

Awalnya ketahui berapa pendapatan dan juga pengeluaran setiap bulannya, catat cashflow tiap bulan sehingga dapat mengetahui berapa jumlah uang yang bisa disisihkan.

2 Gunakan Rekening Khusus

Ini sangat diperlukan dalam menyiapkan dana darurat. Hal ini penting untuk dilakukan agar lebih teratur dalam pembagian keuangan dan terhindar dari keperluan lain.

3 Konsisten

Ini penting dilakukan agar pengumpulan dana darurat dapat tercapai, jika kondisi keuangan belum memadai Anda dapat kumpulkan secara perlahan, namun tetap konsisten.
Lakukan Secara

4. Tentukan Jumlah Dana Darurat

Tentukan jumlah dana darurat yang ingin disiapkan dengan menetapkan berapa uang yang disisihkan dari total pendapatan untuk dialokasikan ke dana darurat.

5. Efisiensi Dana Pengeluaran

Efisiensi anggaran pengeluaran menjadi salah satu hal penting, hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi dan mengeliminasi belanja yang tidak terlalu mendesak.