Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Negara yang Terima Pembayaran Mata Uang Rupiah

Tahukah anda bahwa mata uang Rupiah tidak hanya dipakai di negara Indonesia saja, tetapi Rupiah juga dipakai dan berlaku di beberapa negara lho.

Nah, negara mana saja yang menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran? Dirangkum MNC Portal Indonesia, berikut adalah 5 negara yang juga menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran.

1. Thailand

Negara Thailand ternyata menerima pembayaran mata uang Rupiah lho. Ini dikarenakan banyak wisatawan Indonesia di Thailand. Tentu membuat para pedagang di sana menjadikan rupiah sebagai alat pembayaran. 

Bahkan bahasa Indonesia saat ini tengah populer di negara Thailand. Hal itu membuat para pedagang memudahkan pelancong asal Indonesia dengan berbelanja tanpa perlu menukar dahulu uang mereka.

Arab Saudi

Di Arab, rupiah digunakan sebagai alat transaksi jual beli berkat hubungan yang sangat erat dari Indonesia dan Arab. Pasalnya, Indonesia yang dikenal sebagai negara paling santai di dunia ini tidak pernah absen mengirimkan jamaah haji ke sana.

Hal tersebut membuat pedagang Arab menerima pembayaran dengan rupiah. Tidak hanya itu saja, banyak pedagang Arab juga lancar menggunakan bahasa Indonesia, lo!

Timor Leste

Meski kini sudah lepas dari wilayah Indonesia dan bukan jadi mata uang resminya, tetapi Timor Leste masih tetap menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran.

Hal tersebut berhubungan dengan dekatnya lokasi negara tersebut dengan Indonesia. Selain rupiah, ternyata dolar Amerika juga merupakan mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran di sana.

Papua Nugini

Papua Nugini juga menggunakan mata uang rupiah sebagai alat pembayaran. Bank sentral dari kedua negara telah sepakat untuk menunjuk rupiah dan kina sebagai mata uang yang sah di perbatasan Papua dan New Guinea.

Hal ini bukan tanpa alasan. Rupanya, di perbatasan, kedua negara saling membutuhkan satu sama lain. Pengiriman barang pokok selalu keluar masuk setiap hari, sehingga akan agak sulit jika menggunakan satu mata uang saja.

Malaysia

Malaysia juga merupakan negara yang menerima rupiah sebagai alat pembayaran. Hal ini berhubungan dengan banyaknya jumlah pelancong asal Indonesia ke Negeri Jiran ini.

Namun penggunaan rupiah sebagai alat penukaran tidak dapat dilakukan di semua area, rupiah hanya berlaku di beberapa wilayah, seperti di toko oleh-oleh dan mal.