Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kesalahan Trading Yang Tidak Dipahami Oleh Pemula

 

Di era digital seperti sekarang ini tidak heran jika banyak sekali cara untuk mendapatkan cuan, salah satunya adalah dengan berbisnis saham atau Trading.

Ada banyak jenis trading yang ada di Indonesia seperti Forex, Komoditi dan lain sebagainya. Namun dengan banyaknya pilihan untuk ber trading tentu anda harus melihat apakah trading tersebut legal atau ilegal karena demi keamanan anda sendiri.

Jangan pernah membayangkan bahwa berbisnis trading akan cepat kaya karena pada dasarnya bisnis trading ini sama dengan bisnis konvensional yang memiliki proses dan perencanaan matang.

Pada prinsipnya berhasil atau tidaknya bisnis trading ini bergantung pada karakter pribadi trader dalam menerapkan rencana trading yang disiplin.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering di lakukan oleh trader pemula sehingga tidak jadi kaya.

1. Kurangnya pemahaman tentang trading

Kesalahan ini adalah kesalahan yang sangat mendasar yang justru sering dilakukan oleh para trader. Biasanya kurangnya pemahaman ini karena ikut-ikutan, sehingga tanpa disadari karena kurangnya pemahaman tersebut akan menimbulkan kerugian.

Ketika Anda memutuskan untuk berbisnis trading, maka anda harus siap untuk bersaing dengan para trader lainnya, yang tentu memiliki pengalaman yang lebih.

Pada dasarnya keuntungan yang di dapatkan dari bisnis trading ini adalah jika peserta lain mengalami loss atau sering disebut dengan zero sum game-game yang artinya jika ada pihak yang menang maka sudah dipastikan pihak lainnya kalah.

2. Salah Tujuan

Biasanya trader pemula yang baru terjun di dunia trading karena ingin cepat kaya karena memiliki ekspektasi keuntungan yang besar namun instan. Perlu di ingat bahwa semua butuh proses dan belajar, dimana jika anda siap menang maka anda juga harus siap rugi.

3. Manajement Keuangan Yang Salah

Kesusksesan seorang trader bukan di ukur dari besarnya modal yang dimiliki, namun seberapa pandai anda memanajemen keuangan karena ini nanti akan berpengaruh pada pengambilan keputusan.

4. Over Trading

Over trading atau terlalu banyak melakukan transaksi juga tidak boleh. Namun tanpa disadari ini sangat sering dilakukan oleh para trader pemula karena rasa menggebu-gebu ketika memikirkan keuntungan yang besar.

Tidak sedikit trader pemula yang tetap melakukan transaksi meskipun pasar sedang bergerak dalam kondisi yang tidak stabil, akhirnya analisa dan strategi yang digunakan tidak dapat berjalan dengan baik, oleh karena itu hindari melakukan over trading.