Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Usaha Dagang Yang Paling Menguntungkan


Perniagaan atau perdagangan merupakan usaha jual beli yang dilakukan oleh orang perseorangan atau sekelompok orang. Biasanya transaksi jual beli dibayarkan dengan uang tunai namun dimasa sekarang ini pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa transfer antar bank, debit, kartu kredit, pembayaran di berbagai merchant maupun menggunakan aplikasi pembayaran. Hal ini untuk mempermudah terjadinya transaksi jual beli.

Tempat perdagangan pun saat ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Toko-toko konvesional masih banyak berdiri di pasar maupun pusat pertokoan namun di era internet ini dikenal juga perdagangan secara online, yang bisa dilakukan via media sosial maupun marketplace. Banyak cara untuk menjaring pembeli.

Untuk membuka sebuah usaha terkadang ada keraguan dan bingung memilih jenis usaha apa yang ingin digeluti.

Berbagai jenis usaha dagang banyak ditawarkan di luar sana. Ada perasaan takut gagal dan rugi jika sampai salah memilih usaha dagang. Untuk itu harus dipelajari dulu dan direncanakan secara matang jenis perdagangan apa yang akan dipilih. Sesuaikan juga dengan minat dan hobi, menjadi menyenangkan jika hobi jadi usaha atau usaha sesuai hobi, berjalan bareng dan menghasilkan keuntungan.

Ada banyak jenis usaha dagang yang bisa dipilih namun jika melihat historinya ada usaha dagang yang sejak dulu sampai sekarang selalu prospektif, selalu diminati pembeli dan menguntungkan. Apa saja jenis usaha tersebut ? Silahkan simak dibawah ini.

Usaha dagang sembako

Perdagangan sembako merupakan usaha yang paling laku dan menguntungkan. Semua rumah tangga dan industri makanan memerlukan bahan-bahan sembako. Beras, gula, minyak goreng, tepung, kopi, gula, bumbu masak, telur, dan masih banyak lagi jenisnya.

Perputaran barang cukup tinggi apalagi kalo usaha anda melayani grosiran untuk pedagang eceran. Tentunya sangat menguntungkan. Apalagi kalo tempat usaha berada di tempat strategis, semakin mudah saja mendapatkan pembeli.

Usaha dagang produk fashion

Ada banyak produk fashion mulai dari pakaian, celana, jilbab, kaos, jaket, mulai dari yang formil sampai yang untuk santai. Peruntukkannya pun bisa untuk anak-anak sampai dewasa.

Silahkan dipilih yang diminati untuk dijadikan usaha agar fokus dalam menjalankannya, misal memilih fashion jilbab maka usahanya di desain sedemikian rupa untuk berdagang jilbab.

Usaha ini bisa dijalankan secara offline dengan membuka kios atau toko di pasar atau pertokoan, dan secara online melalui media sosial, marketplace maupun mengadakan live penjualan yang tayang di media sosial.

Usaha dagang produk makanan dan minuman

Manusia tidak bisa hidup tanpa makan dan minum. Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Sedangkan kebanyakan orang sibuk kadang tidak sempat untuk memasak.

Oleh karena itu peluang dagang makanan dan minuman paling menguntungkan untuk ditekuni. Usaha dagang bisa berupa warung makan, restoran, fast food, catering, bakery, makanan kering, oleh-oleh, dan usaha minuman kekinian yang semakin digandrungi. Usaha ini bisa dilakukan juga secara online.

Usaha dagang voucher data/pulsa

Era digital dimana orang banyak melakukan kegiatan melalui gadget seperti komunikasi, mencari informasi, mengirim laporan pekerjaan dan bahkan di situasi pandemi ini anak sekolah pun belajar secara daring.

Semua kegiatan ini memerlukan kuota internet dan pulsa. Bisa dimanfaatkan peluang usaha ini, berdagang voucher kuota internet dan pulsa, usahakan tempat usaha berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau pelanggan.

Usaha penjualan tanaman/bunga hias

Keinginan untuk memperindah rumah membuat usaha tanaman/bunga hias banyak diminati pembeli. Sejak zaman dahulu sampai sekarang perdagangan tanaman hias selalu ada. Musim pandemi ini malah permintaan itu semakin tinggi karena banyak orang yang harus tinggal di rumah saja membuat banyak orang tergerak untuk mencari kesibukan baru agar tidak bosan di rumah saja salah satunya adalah menanam dan merawat tanaman/bunga hias.

Jika menyukai bunga maka bisa dijadikan usaha juga untuk menghasilkan keuntungan, sediakan berbagai pilihan bunga berikut media tanamnya dan aneka pot.

Usaha dagang sparepart kendaraan

Sebagian besar masyakarat Indonesia sudah memiliki kendaraan baik roda dua maupun empat. Kendaraan sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang mobilitas harian. Ke kantor, sekolah, wisata, bahkan berdagang pun memerlukan kendaraan.

Kendaraan harus dirawat, ada masanya sparepart diganti agar kendaraan tetap nyaman dan aman ketika dikendarai. Usaha ini menguntungkan. Selama ada kendaraan maka selama itu pula dibutuhkan sparepart.

Usaha dagang peralatan listrik

Kebutuhan listrik sudah sangat vital. Instalasi listrik dirumah maupun kantor harus di pasang dengan aman dan sesuai dengan aturan yang ada. Diperlukan perlengkapan dan peralatan yang sesuai SNI. Lampu penerangan juga sangat dibutuhkan.

Untuk memenuhi kebutuhan ini pembeli akan datang ke toko yang menjual perlekapan alat listrik. Demikian juga dengan pembangunan yang makin giat dilakukan, banyak perumahan dan kantor baru, semua itu memerlukan instalasi listrik, kabel, saklar, lampu, dan lain-lain. Maka membuka usaha dagang peralatan listrik pasti menguntungkan.

Usaha dagang produk gadget

Handphone bukan lagi termasuk barang mewah namun sudah menjadi kebutuhan. Hampir semua hal saat ini bisa dilakukan melalui smartphone, berkomunikasi, bekerja bahkan belajar memerlukan smartphone. Usia muda maupun dewasa memerlukan gadget.

Usaha dagang ini menjadi prospektif dan menguntungkan. Tersedia berbagai merk gadget dengan tingkatan harga yang bisa ditawarkan kepada pembeli.

Dari rincian di atas, mungkin ada salah satunya yang bisa menginspirasi untuk membuka usaha dagang. Masih banyak peluang usaha yang bisa dipilih. Jangan takut untuk memulai karena jika tidak memulai bagaimana kita tau sukses atau tidak. Mari berwirausaha.