Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Keuntungan Usaha Buah-buahan


Indonesia memiliki begitu banyak buah-buahan. Sepanjang tahun selalu tersedia buah-buahan. Pisang, pepaya, salak, semangka, rambutan, melon, jeruk, mangga, buah naga, apel, strawberry, durian, duku, manggis, dan nanas merupakan sebagian kecil saja dari begitu banyaknya jenis buah yang bisa kita temui di negara kita ini.

Buah merupakan makanan favorit, rasanya yang segar dan manis sangat menyehatkan tubuh. Oleh karena itu buah banyak digemari oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai dewasa. 

Buah-buahan sering tersaji di rumah, terutama buah yang tidak memiliki musim, bisa kapan saja ditemui seperti pisang dan pepaya. Untuk buah yang hanya pada waktu tertentu seperti rambutan, duku dan durian, tetap mempunyai penggemar yang selalu antusias membelinya jika mulai muncul di pasaran.

Usaha dagang buah-buahan memang menguntungkan, lihat saja sekarang semakin banyak pedagang buah bermunculan. Mulai dari lapak pinggir jalan, toko buah sampai pedagang keliling dengan mobil pickup berkeliling ke berbagai tempat. Ada juga pedagang buah musiman, yang berjualan buah saat musim buah tertentu muncul seperti musim durian. Hal ini menunjukkan bahwa usaha buah-buahan memang tidak ada matinya, sangat prospektif.

Usaha buah-buahan memang memiliki banyak keuntungan. Utamanya adalah keuntungan berupa laba usaha. Namun ada juga keuntungan lainnya selain laba besar. Berikut penjelasannya :

Tidak susah mencari pembeli

Usaha ini tidak susah mencari pembelinya karena buah memang banyak penggemarnya. Dari mulai anak-anak sampai dewasa menyukai buah.

Demikian juga jika musim buah seperti durian, duku, mangga dan rambutan tiba, pembeli datang sendiri dan pasti rela menggeluarkan uang untuk membeli buah kesukaannya.

Modal kecil

Usaha buah-buahan bisa dilakukan dengan modal kecil, dengan lapak atau kios kecil di pinggir jalan sudah bisa berdagang buah-buahan, atau dengan menjadi pedagang buah keliling. Buah-buahan bisa dibeli melalui distributor buah atau langsung ke petani buah.

Buah merupakan kebutuhan pokok

Kandungan serat, mineral dan vitamin yang ada dalam buah sangat dibutuhkan tubuh kita. Konsumsi buah setiap hari menjaga kesehatan tubuh dan kulit, apalagi di musim pandemi ini sangat disarankan untuk meningkatkan konsumsi buah setiap hari agar imun tubuh tetap terjaga.

Oleh karena itu buah menjadi kebutuhan pokok sama seperti sayur dan lauk pauk lainnya. Karena masuk dalam kebutuhan pokok maka buah-buahan banyak dicari dan dibeli.

Banyak pilihan buah-buahan

Beruntungnya kita memiliki tinggal di daerah beriklim tropis yang membuat banyak pohon buah-buahan tumbuh subur dan banyak macamnya.

Inilah salah satu keuntungan usaha buah-buahan, kita dengan mudah memilih jenis buah apa yang akan dijual. Mau jenis buah yang selalu ada sepanjang tahun atau buah musim tertentu.

Keuntungan usaha buah-buahan bisa diolah dan dikembangkan lagi menjadi peluang-peluang lain di bisnis buah-buahan. Seperti usaha makanan dan minuman dari buah-buahan, buah potong, parcel dan hampers buah. Kejelian melihat peluang dibarengi dengan ketekunan, serius, fokus dan semangat akan membuat usaha ini menjadi besar dan berkembang. Jangan takut gagal yang penting mulai aja dulu.