Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untung Rugi Bisnis Servis Komputer Laptop

Di era serba teknologi seperti sekarang ini hampir semua orang mempunyai perangkat komputer atau laptop di rumah. Bahkan laptop ataupun komputer seolah menjadi kebutuhan primer yang tidak terpisahkan oleh orang jaman sekarang.

Tidak hanya para pekerja kantoran saja yang membutuhkan komputer sebagai sarana menyelesaikan pekerjaan. Mahasiswa pun juga membutuhkan komputer guna menyelesaikan setiap tugasnya.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi ibu rumah tangga yang juga memanfaatkan komputer untuk melakukan bisnis online.

Oleh karena itu, peluang bisnis servis komputer ini dirasa masih terbuka lebar. Mengingat saat para pemilik komputer mungkin akan mengalami kendala pada perangkat komputernya. Maka tentunya mereka akan sangat membutuhkan jasa servis komputer ini.
Menurut data mengatakan bahwa dari 2.000 jumlah mahasiswa di sebuah kampus yang memiliki komputer laptop di rumah, mereka membutuhkan servis untuk perbaikan dan pemeliharaan komputernya.

Hal ini memungkinkan bahwa usaha servis komputer ini mungkin ada untung atau ruginya. Seperti berikut ini adalah untung rugi apabila kalian membuka bisnis servis komputer.

A. Keuntungan Bisnis Servis Komputer Laptop

Setiap bisnis pasti ada keuntungan dan ruginya, termasuk dalam bisnis servis komputer yang dijalani oleh seseorang. Adapun berikut ini adalah beberapa keuntungan dari bisnis servis komputer.

1. Apabila terjadi kerusakan pada komputer atau laptop para pemiliknya, maka biasanya mereka kurang mempunyai pengetahuan yang mumpuni. Sehingga mereka tentunya sangat membutuhkan jasa servis komputer untuk memperbaiki kerusakan pada komputer yang mereka punyai.

Biasanya jenis-jenis kerusakannya pun bermacam-macam ini menyangkut pada komponen hardware atau software. Tentu saja alasan ini menjadi peluang lahan bagi para pelaku bisnis servis komputer.

2. Peluang pasar bisnis servis komputer ini sejatinya memang terbuka lebar karena pengguna komputer setiap tahunnya mungkin mengalami peningkatan.

Bisa dibayangkan apabila para pemilik komputer mengalami kendala pada perangkatnya. Kemudian para konsumen tersebut tidak bisa memperbaiki sendiri komputernya. Maka semakin besar pula permintaan pasar untuk menggunakan jasa reparasi atau servis komputer ini.

3. Keuntungan bisnis servis komputer juga terbilang sangat menjanjikan. Sebagai contoh apabila dalam sehari ada 3 buah komputer yang diperbaiki maka dalam sebulan ada 90 buah. Kemudian jika tarifnya sebesar 75 ribu, maka dalam sebulan omsetnya mencapai 6.750.000. Keuntungan yang sangat lumayan sekali tentunya.

B. Kerugian Bisnis Servis Komputer Laptop

Setiap bisnis pasti ada keuntungan dan ruginya, termasuk dalam bisnis servis komputer yang dijalani oleh para pelaku bisnis tersebut. Adapun berikut ini adalah beberapa kerugian dari bisnis servis komputer.

1. Kendala atau kerugian dari bisnis servis komputer salah satunya adalah seseorang itu harus mempunyai skill khusus dalam memperbaiki komputer dan laptop yang rusak. 

Oleh karena itu dalam memilih karyawan harus melakukan seleksi yang cukup ketat. Agar nantinya kualitas pelayanan yang diberikan bisa terjaga.
 
Persaingan bisnis yang cukup tinggi mengharuskan para pelaku bisnis harus menjaga loyalitas pelanggan jaga kualitas pelayanan.

2. Setiap bisnis apapun termasuk servis komputer ini harus pandai dalam hal pemasaran. Kita coba dengan beriklan di media massa atau menyebarkan brosur-brosur kecil di sekitar lokasi bisnis seperti kampus atau sekolah-sekolah.

Jangan lupa juga untuk menjalin kerja sama dengan toko yang menjual komputer atau laptop. Ini dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan jasa servis bagi barang dagangan mereka yang mengalami kerusakan.