Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Anak SMP

Mencari pekerjaan itu memang tidak mudah dan banyak persaingan yang sengit agar dapat diterima dalam sebuah perusahaan. Terkadang yang lulusan SMA saja susah dalam mendapatkan pekerjaan apalagi yang hanya lulusan SMP.

Hal ini tentunya akan membuat anak lulusan SMP merasa minder dan semakin tidak percaya diri dalam mencari pekerjaan di sebuah perusahaan. Namun sejatinya ijazah bukanlah menjadi sebuah patokan untuk seseorang dapat sukses.

Banyak orang yang hanya menggenggam ijazah SMP bisa sukses dengan berbagai usaha. Pasalnya dalam dunia pekerjaan terkadang yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan itu adalah skill atau kemampuan, bukan ijazah.
Di luar sana ada banyak orang dengan gelar sarjana, namun menjadi pengangguran. Ini tentunya lebih memotivasi bagi anak lulusan SMP untuk membuka peluang pekerjaan yang lebar.

Di usia muda ada banyak jalan kesuksesan yang bisa mereka raih dan jangan hanya terpaku pada satu hal saja. Anak muda tidak melulu harus mencari dan mendaftar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Mungkin mereka bisa mulai membangun sebuah usaha yang nantinya dapat menghasilkan banyak uang. Seperti di bawah ini adalah beberapa peluang pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan anak SMP.

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Anak SMP

1. Penjual Makanan Ringan

Menjajakan makanan ringan bisa jadi salah satu alternatif pekerjaan yang dilakukan oleh anak SMP. Dengan berjualan makanan ringan di sekolah misalnya hal ini dapat membuat mental untuk terjun ke dunia bisnis dapat terlatih sejak dini.

Apalagi berjualan makanan ringan tidak membutuhkan modal yang banyak atau jika tidak memiliki modal bisa menjajakan makanan buatan orang lain.

Kemudian pilihlah jenis makanan yang disukai oleh teman-teman sekolah seperti keripik singkong, kue, cilok atau jajanan lainnya.

2. Penjual Aksesoris

Anak sekolah terutama perempuan pasti sangat tertarik dengan berbagai hal yang bagus dan cantik. Hal ini bisa jadi peluang pelajar SMP untuk menjual berbagai macam aksesoris yang biasanya diincar oleh mereka.

Aksesoris yang sering dipakai oleh para pelajar perempuan contohnya adalah jepit rambut, dompet, kalung, gelang, bros, cincin dan lain sebagainya.

Sebagai saran jangan bawa semua barang dagangan ke sekolah, tapi bawalah beberapa untuk sampel agar teman-teman tertarik ingin memesan barang yang lainnya.

3. Pembudidaya Tanaman

Untuk kalian pelajar SMP yang hobi menanam tanaman, pekerjaan sampingan ini sangat bisa sekali dilakukan. Pasalnya budidaya tanaman ini tidak terlalu banyak memakan waktu, sehingga tugas utama sebagai pelajar tidak terganggu.

Tanaman yang bisa dibudidayakan misalnya bunga mawar, bunga anggrek, tanaman buah-buahan atau tanaman hias lainnya yang dapat ditanam di pekarangan rumah. Nantinya bibit tanaman itu dapat dijual dan hasil buah yang dipanen dapat dijual ke pasar maupun tempat lainnya.