Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Cakap dan Optimis

Dalam dunia bisnis tak sedikit orang yang menjalankan bisnis dengan orang terdekatnya, misalnya teman atau sahabat. Pasalnya, membangun bisnis dengan orang yang sudah dikenal dekat akan memudahkan kita dalam pengembangan bisnis.

Selain itu mencari dan membangun sebuah kepercayaan kepada seseorang memanglah tidak mudah. Dengan mengandalkan orang-orang terdekat seperti teman atau kerabat komunikasi juga lebih gampang.

Di samping itu, kita bisa mendapatkan masukan atau ide-ide yang bisa membantu kelangsungan usaha atau bisnis tersebut. Meskipun terkadang memilih rekan bisnis yang tepat itu pastinya membingungkan.

Hal ini juga dalam memilih mitra bisnis bukan sekadar mengenai kedekatan saja. Kita pun membutuhkan banyak pertimbangan dalam memilih partner bisnis.
7 Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Cakap dan Optimis

Terlebih lagi kita akan banyak menghabiskan waktu bersama dengan rekan bisnis. Pemilihan rekan bisnis yang tepat akan membantu mengakselerasi perkembangan sebuah usaha. 

Sebaliknya rekan bisnis yang tidak tepat justru bisa menghambat kelancaran bisnis. Maka dari itu inilah 7 tips dalam memilih rekan bisnis yang tepat:

1. Mempunyai Visi dan Misi yang Sama

Dalam memilih rekan bisnis yang tepat carilah yang punya visi dan misi yang sama dengan kita. Termasuk juga dengan passion, goals atau tujuan yang serupa. Pasalnya dengan memiliki passion, visi misi, dan tujuan yang sejalan, kita akan lebih mudah bekerja sama dan mengembangkan bisnis bersama.

Sebagai contoh, jika kita mempunyai passion seputar fashion dan ingin memulai bisnis fashion kekinian, sebaiknya carilah rekan bisnis yang juga mempunyai keinginan yang sama.

2. Jujur dan Bertanggung Jawab

Agar terhindar dari adanya konflik yang tidak diinginkan, sebaiknya carilah rekan bisnis yang jujur dan bertanggung jawab. Pasalnya setiap bisnis tentunya pernah mengalami konflik, tetapi dengan rekan kerja yang berintegritas konflik dapat diselesaikan dengan baik.

Rekan bisnis yang bisa dipercaya dan terbuka akan bisa memberikan maupun menerima masukan atau kritik yang jujur. Selain itu, pastikan pula rekan bisnis yang dipilih juga bertanggung jawab agar pembagian kerja bisa benar-benar ditangani dengan baik.

3. Dapat Bekerjasama

Dapat saling bekerja sama juga menjadi hal yang sangat penting dalam memilih rekan bisnis yang tepat. Soalnya dalam membangun bisnis bersama, kita akan membutuhkan dukungan dan dorongan satu sama lain.

Begitu pula saat menghadapi masalah, diperlukan kerjasama untuk menyelesaikannya. Apabila salah satu pihak tidak berjalan dengan baik, maka bisnis pun bisa mengalami kendala.

4. Cocok Secara Karakter

Sangat penting untuk mencari rekan bisnis yang memiliki karakter yang cocok denganmu. Cocok bukan berarti kita dan rekan bisnis harus mempunyai karakter yang sama.

Kecocokan yang dimaksud adalah karakter kita dan rekan bisnis bisa saling melengkapi . Tujuannya tidak lain adalah untuk menghindari adanya pertikaian yang dapat menghambat kemajuan bisnis ke depannya.

5. Memiliki Skill yang Saling Melengkapi

Mencari rekan bisnis yang tepat juga harus mempunyai skill, kapabilitas, ataupun pengalaman yang mumpuni dan bisa saling melengkapi. Sebagai contoh jika kita mempunyai skill dalam hal desain tapi kurang mahir dalam bidang keuangan.

Maka sebaiknya carilah rekan bisnis yang memiliki kemampuan tersebut. Sehingga apabila kita mempunyai skill yang saling melengkapi akan lebih muda dalam mengembangkan usaha.

6. Memiliki Kondisi Keuangan yang Cukup Stabil

Hal yang tidak kalah penting dalam mencari rekan bisnis yang tepat adalah seseorang yang memiliki kondisi finansial yang cukup stabil. Pasalnya dalam menjalankan bisnis dibutuhkan waktu, fokus, dan kesabaran untuk membangun bisnis yang sukses.

Apabila rekan bisnis kita mungkin sedang mengalami masalah pada finansial. Ini justru dapat membuat mereka malah tidak fokus atau membuat keputusan yang tergesa-gesa yang malah dapat membahayakan bisnis tersebut.

7. Berkomitmen

Tips memilih rekan bisnis yang tepat terakhir adalah pastikan rekan bisnis yang kita pilih memiliki 100% komitmen. Pasalnya merintis bisnis dibutuhkan komitmen agar bisnis bisa terus berkembang.

Dan untuk bersama-sama membangun bisnis komitmen ini sangat dibutuhkan. Ini agar nantinya bisnis kalian tidak berhenti di tengah jalan saat menghadapi tantangan atau masalah.