Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Pekerjaan Online Untuk Anak SMP

Di era teknologi yang berkembang pesat atau dengan istilahnya era Industri 4.0. Para pelajar mulai dari tingkat SMA/SMK bahkan tingkat SMP pun dapat melakukan pekerjaan online di rumah hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer.

Bekerja secara online memang tidak mengharuskan kita bertatap muka secara fisik. Selain itu, kelebihan dari bekerja online ini dalam hal efisiensi ruang dan waktu dan nyaris modal.

Namun jangan anggap remeh, meskipun hanya menjalani pekerjaan secara online seorang pelajar juga dapat mencetak uang yang banyak. Mengingat ada banyak jenis pekerjaan online dengan gaji yang besar misalnya jasa desain grafis, videografi, penulisan dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagi yang mempunyai jiwa bisnis mereka juga bisa berjualan secara online. Meskipun tidak memiliki modal asalkan punya ketekunan dalam menawarkan barang/produk, mereka bisa mendapatkan penghasilan.
Dengan bekerja secara online para pelajar secara tidak langsung ini memberikan dampak positif. Terutama pada pembentukan kepribadian siswa yang lebih realistis dalam mengendalikan diri dalam mengelola keuangan.

Selain itu, pekerjaan online untuk pelajar SMP atau SMA dapat membangun identitas brand atau personal branding yang baik untuk bekal lulus nanti. Dibawah ini adalah pekerjaan online untuk anak SMP.

1. Menjadi Content Creator

Pekerjaan sampingan online untuk anak SMP yang punya kepribadian kuat, semangat dan kreatifitas tinggi bisa menjadi seorang content creator.

Namun perlu diketahui bahwa menjadi seorang content creator haruslah mampu membuat banyak konten yang menarik. Kemudian harus bisa menentukan niche atau topik yang bagus, jadi diri sendiri dan sebaiknya jangan meniru orang lain.

Bukan hal yang tidak mungkin semakin banyak konten bermanfaat yang dibuat kalian bisa mendapatkan tawaran sponsor dan ini tentunya dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

2. Jasa Desain Grafis

Bagi para pelajar SMP yang mempunyai bakat dalam hal desain grafis, tidak ada salahnya mencoba peruntungan karir sebagai seorang freelance designer.

Pasalnya ada banyak keterampilan desain yang dibutuhkan di internet misalnya jasa pembuatan logo/poster, cover buku, brosur desain kaos hingga ilustrasi wajah.

Peluang akan pekerjaan ini masih tinggi dan terbuka lebar asalkan mau terus mengasah kemampuan dalam bidang ini. Namun jika belum memiliki skill yang baik sangat bisa belajar dari tutorial gratis dan berbayar yang tersebar di internet.

3. Menjadi Dropshipper

Yang mempunyai jiwa bisnis yang tinggi, pekerjaan untuk anak SMP via online adalah menjadi seorang dropshipper.

Apa itu dropshipper? Ini adalah jenis usaha yang tidak bermodal dimana seseorang menjual produk orang lain yang mengatasnamakan dirinya sendiri.

Kemudian, jenis usaha ini pun nyaris tidak membutuhkan modal yang banyak dan barang/produk tersebut bisa dijajakan melalui marketplace yang tersebar di internet. Semakin banyak produk kalian yang terjual oleh pembeli maka akan semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.