Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternak yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Bisnis ternak merupakan Salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Kita bisa memilih usaha ternak yang bisa cepat panen dalam waktu singkat.

Dalam dunia usaha ternak, panen adalah hal yang dinanti, karena dari panen yang singkat itulah kita bisa mendapatkan keuntungan dari usaha yang kita jalankan. Kita coba ulas ragam contoh usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat alias cepat menghasilkan.

Meskipun dengan modal yang terbatas ini, kita tetap bisa saja memulainya dari skala kecil atau rumahan. Apabila bisnis ternak ini sudah sukses atau berkembang nantinya akan terasa lebih mudah. Kemudian, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita dapat memilih ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat

Memang tidak bisa dipungkiri, usaha peternakan di Indonesia saat ini sangat menjanjikan prospeknya. Terlebih lagi, negara kita mempunyai iklim tropis dan banyak rerumputan yang tumbuh sebagai salah satu pakan ternak. 
Kemudian, bisnis peternakan ini sangat cocok dijalankan di wilayah pedesaan yang masih alami dan iklimnya juga mendukung. Beberapa contoh usaha beternak yang dapat dilakukan oleh masyarakat pedesaan yakni kambing, domba, sapi, belut, lele dan masih banyak lagi.

Pemerintah juga rupanya ikut mendukung masyarakat kita untuk meningkatkan sektor usaha peternakan. Seperti misalnya, pemberian modal usaha gratis dan juga pemberian indukan atau bibit hewan ternak.

Jadi, apabila ada yang sedang bingung untuk memulai sebuah usaha apa, bisnis peternakan ini juga bisa dipertimbangkan. Berikut ini adalah 4 jenis usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat:

1. Bisnis Ternak Ikan Hias

Salah satu jenis usaha ikan hias ini kini sedang banyak peminatnya dan menjanjikan. Pasalnya di Indonesia, ada banyak penggemar ikan hias yang tersebar dimana saja.

Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya gerai usaha ikan hias yang selalu ramai diserbu oleh pembeli, misalnya ikan koi, patin, cupang dan yang lainnya. Untuk memulai bisnis ikan hias ini yang kita butuhkan adalah ketekunan, kesabaran dan perawatan dalam ikan hias tersebut.

2. Bisnis Ternak Burung

Bisnis ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat lainnya adalah ternak burung. Di negara kita sendiri, ada banyak jenis burung yang bisa diternakkan, tapi jenis burung yang sedang populer yaitu lovebird, cucak rowo, kenari dan murai batu.

Selain itu, jumlah penggemar burung hias di tanah air setiap tahunnya terus meningkat dan bahkan mereka rela untuk mengeluarkan banyak uang demi dapat membeli burung kesayangan mereka.

Terlebih lagi apabila burung yang diternakkan itu adalah burung yang sering menjuarai kontes, sehingga harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah per ekornya.

3. Bisnis Ternak Kelinci

Selain burung dan ikan hias, usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat yaitu kelinci. Hewan kelinci ini juga banyak digemari oleh orang baik untuk dipelihara ataupun dibudidayakan.

Kemudian untuk hewan kelinci jenis tertentu, dapat dijadikan makanan seperti sate kelinci, daging kelinci dan masih banyak lagi. Lalu, usaha ternak kelinci ini pun mudah karena tidak perlu lahan yang luas cukup dipelihara di rumah sebagai sampingan yang menghasilkan.