Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar terbaru Perusahaan Unicorn di Indonesia

Dunia bisnis saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, tak hanya di dunia saja, di Indonesia pun sedang mengalami hal tersebut dimana banyak muncul nya perusahaan rintisan baru yang biasa disebut sebagai startup yang banyak berkembang di Indonesia. Istilah unicorn, tentunya sudah tak asing lagi ditelinga kalian bukan?

Apa sih maksud dari unicorn itu sendiri? Unicorn merupakan istilah dalam mitologi yunani yang digambarkan sebagai kuda putih yang memiliki tanduk di dahi nya.

Suatu perusahaan mendapat gelar unicorn jika nilai valuasi nya mencapai USD$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Dalam perkembangan nya suatu startup memiliki beberapa tahapan, tak hanya unicorn berikut beberapa tahapannya meliputi: cockroach, pony, centaurus, unicorn, decacorn dan hectocorn.

Untuk kalian yang masih penasaran, apa atau tidak sih perusahaan startup yang ada di Indonesia? Dan perusahaan apa saja sih. Berikut ulasan dan informasi perusahaan startup yang ada di Indonesia:

1. GO-JEK

Gojek merupakan startup yang bergerak di bidang transportasi. Awalnya Gojek hanya menyediakan jasa ojek yang dapat dipesan secara online melalui smartphone. Seiring berjalanya waktu, gojek melengkapi fitur nya dengan meluncurkan layanan antar barang (Gosend), layanan belanja (Gomart) dan layanan pesan antar makanan (Gofood).
Nilai valuasi Gojek ditaksir mencapai lebih dari US$10 miliar, selain unicorn mungkin gelar decacorn juga layak diberikan kepada Gojek karena nilai valuasi nya.

Selain itu salah satu universitas besar yang ada di Indonesia melakukan riset bahwa pada tahun 2018, Gojek memberikan dampak yang sangat besar mencapai Rp44,2 triliun bagi ekonomi nasional.

2. Tokopedia

Menduduki posisi kedua yakni Tokopedia yang memiliki nilai valuasi sebesar US$8 miliar- US$10 miliar pada awal 2021 setara dengan Rp112 triliun. Tokped sendiri merupakan marketplace yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Memiliki 90 juta pengguna aktif setiap bulanya dan memiliki 5 juta penjual. Tokped sendiri memiliki peran penting bagi kemajuan UMKM Indonesia karena 94% penjualnya merupakan pelaku usaha skala ultra mikro.

Traveloka

Membuka jasa layanan pemesanan tiket transportasi,pemesanan hotel hingga penyewaan kendaraan apalagi kalau bukan Traveloka. Perusahaan ini memiliki nilai valuasi lebih dari US$3 miliar pada akhir 2020.

Selain membuka layanan jasa pemesanan, Traveloka melengkapi fitur nya dengan menambahkan layanan gaya hidup, kuliner dan jasa keuangan yang menawarkan pembayaran asuransi. Hingga saat ini aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 60 juta pengguna.

OVO

OVO merupakan sebuah dompet digital yang hadir guna meminimalisir kehilangan uang secara fisik, tak hanya berfungsi sebagai dompet digital OVO juga bisa digunakan sebagai sarana pembayaran hingga investasi. Nilai valuasi OVO sendiri diperkirakan mencapai US$2,9 miliar pada 2020, OVO sendiri baru diluncurkan tahun 2017.

Tak hanya itu, seiring berkembangnya bisnis marketplace keuntungan yang didapatkan oleh pihak OVO makin meningkat karena para marketplace melakukan kerjasama guna memudahkan penggunanya melakukan pembayaran tanpa harus keluar rumah.

Bukalapak

Merupakan marketplace yang memiliki fungsi hampir sama dengan Tokopedia, secara resmi pada tahun 2020 nilai valuasi Bukalapak mencapai US$2,5 miliar-US$3 miliar.

Bukalapak sendiri berdiri sejak tahun 2010 yang saat ini sudah memiliki 6 juta lapak, 5 juta mitra bukalapak dan 90 juta pengguna aktif dan secara resmi status unicorn resmi disandang Bukalapak sejak 2017. Karena memiliki mitra yang cukup banyak Bukalapak memiliki pengaruh penting bagi UMKM nasional.

J&T Express

Perusahaan baru yang memiliki status unicorn adalah J&T Express, merupakan perusahaan yang didirikan oleh mantan eksekutif OPPO yang bergerak di bidang ekspedisi dan logistic. Nilai valuasi J&T Express mencapai US$7,8 miliar setara dengan Rp 113,5 triliun per April 2021.

Secara resmi J&T Express berdiri sejak tahun 2015 yang bermarkas di Indonesia. Hingga saat ini wilayah kerja J&T Express sendiri mengalami perluasan di beberapa Negara di wilayah Asia dari Vietnam sampai China. Di Indonesia.