Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ganti Nomor Hp yang Tidak Aktif Lagi di Aplikasi Grab dan OVO

Selain aplikasi DANA ada dompet digital lain yang tengah naik daun namanya OVO. Kini OVO juga menjadi aplikasi yang banyak dipakai sebagai opsi lain alat pembayaran di banyak layanan yang serupa. Termasuk bisa kita jadikan alat transaksi pembayaran di E-commerce seperti Tokopedia dan Grab.

Apabila kita menggunakan OVO ini, bahkan dapat dipakai guna membayar di aplikasi Grab dengan harga Rp 1.

Selain itu, OVO juga dapat dinikmati dengan program PayLater atau beli sekarang lalu bayar belakangan. Tidak hanya itu saja, semua dompet digital memang memudahkan kita dalam melakukan transaksi keuangan.

Disamping itu, OVO juga memberikan banyak promo, bonus menarik dan berbagai macam keuntugan lain yang digunakan.
Namun agar bisa digunakan di berbagai layanan, para pengguna harus melakukan aktivasi ulang. Caranya adalah dengan memakai nomor telepon yang sama digunakan pada layanan Grab atau Tokopedia.

Bahkan ada kasus dimana kita harus mengganti nomor hp apabila nomor yang lama hilang atau sudah kadaluarsa. Jika ini terjadi pengguna harus meminta bantuan pada customer service OVO untuk memperbarui data.

Berikut ini adalah cara ganti nomor Hp yang tidak aktif lagi di aplikasi Grab dan OVO:

1. Kirim Email

Cara ganti nomor Hp yang tidak aktif lagi di aplikasi Grab dan OVO adalah pertama dengan mengirimkan email. Sebab, email adalah syarat utama untuk log-in selain menggunakan nomor telepon dan sertakan subjek permohonan pergantian nomor handphone.

Gunakan bahasa yang baik dan sopan serta berikan alasan mengapa kita mengirim email. Jangan lupa jelaskan kepada mereka, akun dan nomor Hp yang terdaftar pada kedua aplikasi tersebut.

2. Menyiapkan Data Diri

Apabila kita sudah mengirim email, nanti tunggu balasan dan biasanya kita diminta untuk verifikasi data. Untuk verifikasi data kita menyertakan nomor Hp yang lama (yang akan diganti), foto KTP, nomor handphone yang aktif (jika ada dua nomor).

Kemudian sertakan juga foto selfie saat pegang KTP (jika ragu memberikan data foto ktp yang asli, bisa menggunakan fotokopinya saja). Pada saat proses verifikasi data pribadi, kita juga bisa melampirkan tangkapan layar pada aplikasi Grab.

3. Melakukan Verifikasi Data Melalui Hp

Apabila kita sudah melakukan verifikasi data pribadi, nanti akan dihubungi oleh pihak Grab atau OVO. Sebelum dihubungi, biasanya mereka akan memberitahu kita terlebih dahulu melalui email.

Kemudian, mereka akan menanyakan nomor mana yang akan diubah. Apabila kita tidak mengangkat nomor telepon mereka, maka proses verifikasi akan dibatalkan.

4. Mengubah Nomor HP yang Baru

Kita akan diberitahu via email apabila nomor sudah diganti dan sebaiknya segera mengganti nomor yang baru di kedua aplikasi tersebut. Langkah selanjutnya tinggal masukkan nomor dan kirim kode nomor, jangan lupa log-in. 

Kemudian, masuk ke dua aplikasi baik OVO atau Grab dan ubah profile dengan nomor HP yang baru. Biasanya proses pergantian nomor membutuhkan waktu paling lama sekitar 3 hari.