Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beli Saham BCA untuk Pemula

Kamu tertarik berinvestasi di saham BCA? Buat yang mau memulai alias pemula simaklah pembahasan dibawah ini dengan santai tentang panduan cara beli saham BCA untuk Pemula supaya mendapatkan keuntungan.

Nah mari kita ulas tentang saham BCA ini sendiri. Saham adalah sebuah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas suatu perusahaan dalam hal Saham yang kita beli nanti nominal ditentukan oleh Lot atau jumlah Lot sesuai ketentuan saham BCA sendiri.

Membeli saham BCA berarti kita telah memiliki hak kepemilikan investasi yang kita beli atas perusahaan tersebut. Maka dari itu kalian berhak mendapatkan keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada periode yang kita pilih.
Cara beli saham BCA untuk pemula yang paling utama adalah mendaftarkan diri dahulu ke kantor bank BCA terdekat dengan syarat sebagian berikut:
  • Kartu Identitas: KTP, SIM, atau Kartu Mahasiswa/Pelajar,
  • Kartu NPWP: pelajar/mahasiswa umumnya tidak diminta,
  • Buku Tabungan,
  • Kartu Keluarga
  • Meterai 6000.
Langkah Membeli Saham BCA untuk Pemula

1. Buat akun

Anda harus punya akun dulu di sekuritas pada aplikasi PlayStore atau AppStore yang sudah di unduh secara gratis. Biasanya aplikasi ini diunduh saat anda mendaftarkan diri ke Bank pada tahap awal. 

Buat akunnya, biasanya Anda hanya akan diminta mengisi data diri, mengunggah foto identitas diri yang berlaku, dan meminta Anda untuk berswafoto sembari memegang kartu identitas tersebut. Selanjutnya, Anda harus menunggu proses verifikasi yang biasanya tak akan berlangsung lama.

2. Deposit dana RDN

Setelah mendapatkan akun, maka Anda juga sekaligus mendapatkan akun RDN atau Rekening Dana Nasabah di bank kustodian, yang nantinya akan menjadi penampung dana investasi Anda. Transferlah sejumlah dana ke RDN Anda sebagai deposit untuk membeli saham.

3. Pilih "BBCA"

Untuk membeli saham BCA, buka aplikasi sekuritas, dan pilih produk Saham. Biasanya di aplikasi akan ada kotak untuk mencari kode emiten. Masukkan kode “BBCA” ke dalam kotak pencarian tersebut.

Selanjutnya, aplikasi akan menunjukkan statistik dan data emiten BBCA, yang merupakan milik bank BCA. Di situ akan ada posisi harga saham, dan berbagai informasi lainnya.

4. Masukkan jumlah lot Saham BCA yang tidak ingin anda beli

Masukkan berapa lot saham yang ingin Anda beli. Ya, satuan untuk membeli saham adalah lot, yang 1 lot-nya terdiri atas 100 lembar saham.


Jika harga saham BBCA misalnya saja Rp30.000, maka Anda harus punya dana Rp3.000.000 untuk 1 lot.

Jika sudah memasukkan jumlah lot yang dibeli, selanjutnya Anda tinggal klik tombol “Buy” atau “Beli” yang sudah tersedia.

Tips sukses Investasi Saham BCA untuk Pemula

1. Beli Saham Bagus Saat Harga Sedang Turun

Saat ini, banyak investor pemula yang memiliki pemahaman untuk menghindari harga saham yang sedang turun.

Namun, pemahaman itu tidak sepenuhnya benar, lho! Soalnya, ada beberapa kasus yang ketika membeli saham ketika harga turun, malah harganya kembali naik atau bahkan lebih tinggi. 

Dengan menggunakan metode ini, tentunya kamu bisa mendapat keuntungan yang maksimal di kemudian hari. Tapi tetap perhatikan aspek lainnya ya, jangan sampai langsung membeli saham hanya karena harganya sedang turun.

2. Pilih Investasi Jangka Panjang

Cara investasi saham yang bisa kamu tiru berikutnya adalah dengan memilih investasi jangka panjang. Biasanya, investasi saham dengan jangka panjang lebih aman dan menguntungkan.

Selain itu, cara berinvestasi saham dengan investasi jangka panjang ini memiliki risiko yang lebih rendah apabila kamu memilih perusahaan yang tepat.