Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Contoh Budidaya Ternak yang Unik paling Menggiurkan hasilnya

Peluang usaha yang menjanjikan salah satunya adalah menjalankan bisnis ternak unik yaitu beberapa hewan tertentu yang sifatnya tidak umum dilakukan oleh orang.

Ternak unik hanya di khususkan bagi anda yang memiliki kreatifitas dan ulet. Walaupun dengan modal yang minim atau terbatas, kita bisa memulai budidaya ternak yang unik dengan skala kecil atau rumahan.

Kemudian, apabila kita dapat mengelola usaha budidaya ternak ini hingga sukses, maka kedepannya akan lebih mudah. Budidaya ternak ini juga mudah dijalankan bahkan oleh pemula sekaligus.

Budidaya ternak biasanya banyak dilakoni oleh masyarakat yang tinggal di desa atau jauh dari perkotaan. Apalagi suasana dan iklim pedesaan ini sangat mendukung untuk kita dalam melakukan budidaya ternak.

Negara Indonesia yang beriklim tropis menyebabkan banyak ditumbuhi oleh rerumputan dan tanaman hijau lainnya yang bisa dijadikan pakan ternak.
Selain itu, budidaya ternak juga tidak begitu membutuhkan lahan yang luas dan cukup dijalankan di rumah sebagai usaha sampingan.
Namun, perlu diingat bahwa dalam memilih jenis budidaya ternak itu haruslah yang menguntungkan. Meskipun ini tidak mudah, karena banyaknya persaingan pasar atau orang yang menjalankan bisnis serupa.

Oleh karena itu, ada baiknya kita harus berpikir dan mencari bisnis budidaya ternak yang unik, agar pesaingnya sedikit namun permintaan pasarnya banyak. Seperti berikut ini adalah 5 contoh budidaya ternak yang unik dan menjanjikan:

1. Budidaya Kroto

Budidaya kroto bisa menjadi salah satu contoh budidaya ternak yang unik dan cukup menggiurkan saat ini. Kroto adalah telur sekaligus larva yang dihasilkan oleh semut rangrang, karena populasi hutan semakin berkurang maka kroto mulai dibudidayakan.

Disamping itu, budidaya kroto ini hanya membutuhkan modal kecil karena sarangnya dapat dibuat dari toples bekas. Makanannya pun tidak sulit dan harga jual kroto sendiri dapat mencapai Rp 200.000.

2. Budidaya Jangkrik

Contoh budidaya ternak yang unik lainnya yaitu jangkrik. Hewan ini biasanya dijadikan makanan burung berkicau atau umpan memancing, bahkan di beberapa daerah jangkrik dikonsumsi karena kaya akan kandungan gizi.

Budidaya jangkrik bisa dilakukan dengan menggunakan kotak yang terbuat dari kayu dengan modal kurang dari satu jutaan. Dengan modal sekian, kita bisa mendapat keuntungan yang banyak sebab harga per kg jangkrik mencapai Rp 90.000.

3. Budidaya Bekicot

Mendengar kata bekicot, pasti banyak orang yang merasa geli dan jijik. Padahal bekicot adalah contoh budidaya ternak yang unik dan menghasilkan banyak keuntungan walau dengan modal yang minim.

Cara budidaya bekicot juga gampang cukup diletakan pada tempat yang lembab dalam ukuran wadah berupa kotakan yang terbuat dari kayu. Konon, harga bekicot apabila kita jual impor ke negara Eropa seperti Perancis harganya dapat mencapai 2 juta untuk per kilogramnya.

4. Budidaya Ikan Discus

Ikan discus adalah salah satu ikan hias yang banyak dicari sehingga dapat dijadikan peluang bisnis ternak yang unik dan menggiurkan. Habitat asal ikan ini adalah sungai amazon dan memliki bentuk tubuh yang menyerupai lingkaran pipih.

Banyak orang yang mencari ikan discus ini karena corak warnanya yang unik. Untuk membudidayakan ikan ini sebaiknya pada musim hujan saat pH air agak asam dan ikan ini dapat berkembang biak dengan baik.

5. Budidaya Jalak Suren

Burung jalak suren sering dijumpai di pedesaan dan banyak dipelihara oleh orang. Jalak suren memang tergolong unik karena dapat berkicau sehingga sering diikutkan lomba dan juga dari warna corak telurnya.

Habitat burung ini tinggal di lubang pohon yang berdekatan dengan sumber air. Budidaya jalak suren sangat menguntungkan karena dalam satu sarang burung betinanya dapat mengerami telur sebanyak 4 hingga 6 dengan warna biru mengkilap.