Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Ikan Cupang yang Mudah Laku sesuai Harga Pasaran


Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang saat ini tengah naik daun. Dengan warna yang dimiliki juga bentuk sirip yang unik, membuat ikan ini dicari banyak orang. Mulai dari anak kecil, dewasa sampai orang tua. Harga ikan cupang di pasaran juga bervariasi tergantung dengan jenisnya dan keindahan warna serta bentuknya.

Ikan cupang dengan warna yang unik dan cantik memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk ikan cupang yang memilki warna pasaran dijual dengan harga yang lebih murah.

Seperti dikutip dari laman detik finance, prospek bisnis ikan cupang umumnya ada tingkatan yang harus dipilih atau bahkan dikembangkan oleh peternak ikan cupang, yaitu:
  • Tingkatan bawah
  • Menegah, dan
  • Tingkat Atas
Masing-masing tingkatan di atas, memiliki prospek market yang berbeda satu sama lain. Bagi anda yang pemula dalam bisnis ikan cupang dan mengandalkan peluang trend saat ini, Anda bisa mengambil peluang tingkatan bawah atau menengah yang menjual rate harga ikan cupang dibawah 200 ribu.

Ini bisa menjadi tahap awal dalam memasarkan ikan cupang dengan potensi market yang mengarah untuk koleksi atau keinginan semata.

Daftar Ikan Cupang Yang Mudah Laku Laris Dibeli

Nah, untuk anda yang sudah memiliki potensi besar dalam mengembangkan bisnis ini, hal yang paling penting adalah memperhatikan kualitas harga jual ikan cupang.

Potensi pasar ikan cupang kelas atas biasanya digunakan untuk kontes atau memang untuk lelang, yang biasanya didominasi oleh para penghobi. Berikut kami berikan daftar ikan cupang yang laris di pasaran beserta harganya.

Cupang Halfmoon dan Harganya
Gambar Cupang Halfmoon
Cupang Halfmoon menjadi salah satu yang banyak digandrungi. Cupang ini mempunyai ciri khusus yaitu berupa sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran.

Ikan cupang Halfmoon ini dipelihara karena keindahannya. Varian warnanya juga sangat menarik, mulai dari merah menyala, kuning, bahkan putih. Pasaran harga cupang Halfmoon ini dijual dengan harga Rp 50.000 sampai dengan Rp 125.000

Cupang Double Tail dan Harganya 
Gambar cupang Double tail
Jenis ikan cupang yang berikutnya disebut dengan double tail. Disebut demikian karena pada bagian ekornya terbelah menjadi dua bagian, seperti bercabang dua.

Jenis ikan cupang double tail ini tergolong sulit dikembangkan. Oleh karena itu, keberadaannya masih jarang dijumpai dan terkenal langka. Cuydoub mulai dari harga Rp. 50.000,00 – Rp. 1.200.000,00

Cupang Plakat dan Harganya

Ikan cupang ini merupakan jenis ikan aduan. Tak heran jika ia memiliki bentuk tubuh yang cenderung besar dan bentuk sirip yang tegas. Tentu sja ikan ini dipelihara untuk mengikuti kompetisi-kompetisi. Meski begitu, bentuknya yang indah juga kadang menjadi salah satu alasan para pembeli membelinya. Harga ikan cupang plakat ini berkisar Rp. 50.000,00 - Rp. 100.000,00

Cupang Sawah dan Harganya
Gambar cupang sawah / cupang aduan
Cupang sawah biasanya tumbuh di alam liar. Biasanya ikan ini jauh dari jangkauan manusia. Harga ikan cupang ini bervariasi. Semakin besar ukuran ikan, maka harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Cupang Big Ear (Dumbo) dan Harganya
Cupang Big Ear /  cupang Dumbo
Jenis ikan cupang selanjutnya yaitu cupang Big Ear atau biasa dikenal dengan cupang dumbo. Cupang ini memiliki sirip di telinga yang sangat lebar seperti sayap. Pada dasarnya ikan cupang jenis ini adalah salah satu variasi ikan cupang baru yang baru dikembangkan dan sudah banyak ditemui di pasar Indonesia.

Ikan cupang Big Ear biasa dijual hingga Rp. 400.000,00 di marketplace Indonesia. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung dengan kondisi ikan, corak, dan keunikannya.

Cupang HMPK dan Harganya
Cupang HMPK
Jenis ikan cupang ini merupakan hasil breeding/persilangan dari jenis ikan plakat dan halfmoon sehingga disingkat menjadi HMPK. 

Cupang HMPK mendapat banyak pujian dan perhatian karena bentuk dan warnanya yang indah nan menawan. Harganya sendiri dimulai dari Rp. 50.000,00 - Rp. 250.000,00

Cupang Crown Tail dan Harganya
 
Crown Tail merupakan jenis ikan cupang asli Indonesia. Ia dikenal karena bentuknya yang unik dengan warna yang indah. Gerakkannya juga agresif. Ikan ini juga dikenal sebagai pemakan jentik nyamuk.

Cupang ini juga bisa digunakan sebagai upaya pencegahan penyakit malaria dan demam berdarah dengan memasukkannya ke dalam bak mandi, gentong, drum dan semua tempat yang dijadikan tempat penampungan air.

Sesuai dengan namanya, ikan cupang Crown Tail memiliki ekor menyerupai mahkota apabila dibalik menghadap ke atas, serit-serit pada ekornya akan terlihat seperti mahkota raja. Harga ikan ini juga bervariasi. Harga dimulai dari Rp.35.000,00 - Rp.175.000,00.

Cupang Giant dan Harganya

Berbeda dengan beberapa jenis ikan cupang lain yang dipelihara karena keindahannya, Ikan Cupang Giant dipelihara karena ukurannya yang sangat besar. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki ukuran yang sangat besar.

Berbeda dengan ukuran ikan-ikan cupang lainnya. Ikan Cupang Giant dapat tumbuh mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya.Harga ikan cupang Giant ini dimulai dari Rp. 50.000,00 dan terus naik jika ukurannya semakin besar.

Nah, itulah beberapa jenis ikan cupang yang mudah laku dipasaran dengan harga yang terjangkau dan menarik.