Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Daftar Perusahaan Star Up di Indonesia Terkaya

Pada tahun 2020 lalu tercatat ada beberapa perusahaan star up yang ada di Indonesia yang tergolong sebagai perusahaan unicorn.

Unicorn sendiri memiliki arti sebuah perusahaan yang memiliki nilai valuasi diatas Rp 1 miliar dollar AS atau setara dengan 14,1 triliun rupiah.

Mau tau perusahaan star up apa saja sih, khususnya yang ada di Indonesia, berikut ulasan lengakpnya:

Gojek

Tak asing lagi ditelinga orang Indonesia perusahaan star up yang satu ini berdiri sejak awal tahun 2017 sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia.

Star up karya anak negeri yakni Nadiem Makarim, Kevin Aluwi, dan Michaelangelo Moran ini mampu naik level menjadi decacorn dalam kurun waktu dua tahun yakni pada tahun 2019.
Gojek sendiri memiliki fitur layanan ojek motor berbasis aplikasi onlineyang kalian dapat akses melalui HP kalian. Gojek mulai di rintis sejak tahuan 2010 dalam kurun waktu satu decade aplikasiini semakin dikenal public dengan semakin delengkapinyafutur-fitur lain seperti taksi online, Gofood (delivery makanan), Goshop, Gopay, dan lain-lainnya.

Tokopedia

Yang khusus bergerak di bidang pejualan barang yakni Tokopedia, perusahaan yang satu ini di rintis oleh duo William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Mereka merintis perusahaan inisejak tahun 2009 yang makin berkembang hingga hari ini. sumber pendanaanya bersumber dari investor-investor asing berbondong-bondong untukmenanamkan modal pada tokopedia. Setelah menjadiperusahaan starup besar secara resmi toko pedia memiliki nilai valuasi mencapai 222 triliun rupiah.

Traveloka

Industry pariwisata khususnya di Negara indonesa tentunya mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan star up Indonesia yaitu Traveloka, yang menyediakan kemudahan bagi para wisatawan yang akan berkunjung dan berlibur ke Indonesia.

Traveloka merupakan perusahaan star up yang didirikan oleh Ferry Unardi, Albert Zhang, dan Derianto Kusuma. Perusahaan satar up ini mulai dirintis sejak tahun 2012 silam.

Perusahaan ini bergerak khusus pada penyedia hotel dan travel. Di Indonesia perusahaan ini menjadi star up pertama yang menyandang gelar unicorn pertama se-Asia Tenggara. 

Secara resmi gelar ini disematkan pada 2017 saat industry pariwisata banyak di gandrungi oleh banyak wisatawan. Hal ini tentunya mengundang banyak investor untuk menyuntikan dana yang diperuntukan untuk perusahaan star up yang satu ini. daripendanaan tersebut ditaksir mencapai lebih dari 500 juta dollar AS (6,6 triliun rupiah.

Bukalapak

Menduduki sebagai ecommerce kedua setelah Tokopedia, bukalapak juga mendapatkan gelar unicorn sebagai perusahaan star up yang ada di Indonesia. Perusahaan star up satuini dirintis oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid sejak tahun 2010 lalu.

Secara resmi pada tahun 2017 star upsatu ini membeberkan nilai valuasinya yang mencapai 1 miliar dollah US. Saham terbesar dari star up satu ini adalah konglomerat EMTEK dengan saham sebesar 49,21%.

OVO

OVO merupakan perusahaan starup yang menyandang gelar unicorn pada tahun 2019. OVO sendiri merupakan aplikasi dompet digital atau e-walletyang dirintis oleh Grup Lippo.

JD.id

JD.id merupakan perusahaan star up yang cukup terkenal yang ada di Indonesia. Perusahaan star upini resmi beroprasi sejak tahun 2015 dengan jargon “dijamin ori”. Star up satu ini merupakan hasilkerjasama antara JD.com (Tiongkok) dengan Private equity Provident Capital.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai perusahaan star up yang adadi Indonesia.apakah sobat pengalamanku tertarik juga untuk membangaun sebuah bisnis star up?

Jika kalian ingin membuat perusahaan star up tentunya kalian harus punyai strategi dan mampu membangun jaringan yang luas dan melengkapinya dengan teknologi.