Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Top Up dan Cek Saldo LinkAja dengan Mudah

Dalam transaksi pembayaran digital kita mengenal banyak aplikasi seperti OVO, DANA dan satu lagi yang terkenal yaitu LinkAja. Banyak orang terutama kaum milenial menggunakan aplikasi uang elektronik ini karena dinilai lebih praktis alias tidak ribet tanpa kita harus membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak.

Selain itu, layanan LinkAja ini dapat digunakan sebagai transaksi pembayaran berbasis digital lainnya seperti Tokopedia dan Grab secara mudah dan juga cepat.

Bagi yang gemar berbelanja secara online kita pun dengan mudah menggunakan aplikasi LinkAja ini untuk terhubung dengan aplikasi E-commerce lainnya, semisal Bukalapak.

Namun, untuk dapat menggunakan aplikasi LinkAja ini kita harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstalnya via playstore.

Setelah itu, barulah kita melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut dan membuat akun. Jika sudah, nantinya kita dapat mengaktifkan akun tersebut dan menikmati beragam kemudahan dalam melakukan transaksi non tunai lewat aplikasi LinkAja ini.
Untuk mengaktifkan dan menggunakan aplikasi LinkAja ini juga tidak sulit dan siapapun dapat melakukannya.

Untuk dapat bertransaksi pembayaran di merchant manapun, tentunya kita harus mengisi akun LinkAja dengan cara top up saldo. Saat ini saldo dalam akun LinkAja dapat terhubung langsung dengan aplikasi lain seperti Telkomsel Cash atau TCASH.

Selain dapat melakukan top up saldo di aplikasi LinkAja, kita juga bisa mengecek saldo yang ada pada aplikasi tersebut dengan mudah. Dan, berikut ini adalah informasi cara top up saldo dan cek saldo LinkAja:

Cara Top Up dan Cek Saldo LinkAja dengan Mudah

1. Cara Top Up Saldo LinkAja Melalui Grapari

> Cara Top Up saldo di aplikasi LinkAja pertama yang harus dilakukan adalah kita mengunjungi kantor GraPARI terdekat dari lokasi. 

Informasikan kepada petugas kasir di gerai Grapari tersebut nomor Telkomsel yang akan kita isi saldonya. Kemudian, beritahu nominal pengisian dan berikan sejumlah uang tunai kepada petugas kasir. Selanjutnya kita tinggal menunggu instruksi kasir untuk menyelesaikan transaksi.

2. Cara Top Up Saldo Melalui Transfer Bank

> Cara Top up LinkAja via ATM yang pertama adalah kita memasukkan kartu ATM dan jangan lupa masukkan PIN akun bank. Kemudian, pilih menu Transfer Saldo ke akun bank dan masukkan kode bank untuk LinkAja: 911.

Lalu, informasikan nomor rekening yang dituju adalah nomor telepon yang terdaftar pada LinkAja (ex. 08111991xxx) dan masukkan jumlah uang yang diinginkan. Langkah terakhir kita tinggal mengikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi.

3. Cara Top Up Saldo Melalui Toko Retail

> Langkah pertama cara top up saldo di toko retail seperti Indo atau Alfa yaitu Tekan *800# untuk masuk ke menu LinkAja (khusus pengguna Telkomsel).

Lalu, kita pilih menu nomor 3, untuk 'Buat Token' dan masukkan
nomor PIN serta tunggu SMS token dari 2828. Kemudian, berikan nomor token & nominal saldo LinkAja yang ingin kita isi kepada kasir. Nanti, kasir akan
memasukkan informasi sesuai permintaan kita dan mereka akan memberikan struk bukti isi Saldo serta SMS konfirmasi dari 2828.

4. Cara Top Up Saldo LinkAja Untuk Pengguna Non Telkomsel

> Kita cukup membuka aplikasi LinkAja. Kemudian klik profile picture pada aplikasi, pilih TOKEN pada kanan atas QR Code. Lalu klik masukkan PIN LinkAja dan kita akan mendapat sms dari LinkAja berupa TOKEN rahasia 10 digit angka. Terakhir cara top up saldo LinkAja tinggal kita tunjukkan nomor TOKEN pada kasir.

Cara Cek Saldo LinkAja

Langkah pertama untuk cek saldo LinkAja adalah kita menghubungi nomor
*800# dari ponsel. Kemudian, kita tinggal memilih menu Cek/Isi LinkAja dan selanjutnya pilih menu Cek Saldo. Jangan lupa kita masukkan 6 Digit PIN LinkAja. Terakhir kita akan menerima pemberitahuan yang berisi saldo terakhir yang ada di aplikasi LinkAja milik kita.