Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebih Baik Menabung Uang atau Emas?

Pilih nabung emas atau uang? Mana yang paling menguntungkan? Menabung salah satu usaha pencegahan sejak dini untuk mengatasi hal hal yang bersifat darurat.

Menabung bisa digunakan untuk banyak hal seperti tabungan haji, tabungan pendidikan, tabungan untuk pembuatan rumah, dll. Kegiatan menabung sudah dilakukan oleh orang tua kita dari zaman dahulu. Menabung bisa berupa uang, atau berupa harta benda untuk investasi. 

Pada zaman sekarang, orang - orang sudah banyak menabung di BANK Konvesional untuk investasi di masa yang akan datang. Kemudahan yang diperoleh menabung di bank sangat banyak salah satu diantaranya dapat dicairkan kapan saja dan dimana saja selama ada mesin ATM yang tersedia.
Sumber foto the-investing.com
Keuntungan lain menabung uang di BANK adalah uang yang kita tabungkan aman dari pencurian, kebakaran, kebanjiran dll. Namun apakah kita sudah tepat menabung di Bank untuk masa depan?

Jika kita bandingkan dengan menabung emas, mana sih yang lebih menguntungkan. Menabung emas atau menabung uang di BANK. Berikut ulasannya:

Manfaat nabung Emas

1. Menguntungkan (Profitable)

Dalam jangka panjang, lebih dari 5 tahun, harga emas cenderung stabil dan berpotensi mengalahkan inflasi.

Sedangkan jika menabung uang di bank cenderung bunga yang ditawarkan oleh bank kecil bahkan bisa minus jika kita tidak menambah saldo. Tabungan uang di bank jika tidak digunakan bisa habis dengan administrasi setiap bulan yang cenderung cukup besar yakni Rp 6000 - Rp Rp 15. 000 tergantung jenis tabungan dan Bank yang kita gunakan untuk menabung.

2. Mudah di Cairkan (Hight Liquidity)

Emas memiliki likuiditas tinggi, sehingga emas dapat dijual dan ditukar uang tunai dengan cepat.

Sedangkan Jika kita menabung uang di Bank, kita bisa mengambil uang dimana saja lokasi ATM tersebut. Pengambilan uang tidak dikenai biaya, namun jika berbeda dengan jenis bank akan dikenai biaya adminsitrasi sebesar 6500.

3. Risiko Rendah (Low Risk)

Para investor menyebut emas sebagai safe haven (pegangan yang aman), terlebih jika mata uang sedang naik turun (berfluktuasi). Investasi emas dikenal dapat menahan kenaikan harga atau inflasi.

4. Tidak memerlukan dana besar

Emas yang dijual di pasaran sangat beragam dan dimulai dari berat 0,1 gram hingga 1.000 gram. Tentu saja hal ini sangat mempermudah kita mengoleksi emas

5. Mudah dipindahkan

Bayangkan Anda memindahkan uang tunai sebesar Rp 300 juta? Uang tunai memiliki volume yang lebih besar sehingga memindahkannya pun lebih sulit tentu saja akan lebih mudah memindahkan jika Anda memiliki emas seharga 300 juta kurang dari 1 kg.

6. Kepemilikan dan Pengelolaan

Investasi emas menawarkan kepemilikan aset oleh diri Anda sendiri, hal ini berarti Anda bisa memiliki kuasa penuh atas kuasa tersebut. Jadi kalian lebih suka menabung dimana, untuk masa depan Anda???