Cara Menanam Saham di Bank Bri

Berminat nanam saham di Bank BRI? 
Menanam saham atau bisa dikenal juga dengan istilah investasi saham. Investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Jika anda ingin menanam saham di BRI dan mendapatkan keuntungan puluhan juta dengan modal yang Anda miliki, pahami ulasan dibawah ini. 

Perlu diketahui, saham yang ada di Bank BRI yang pendapatannya mencapai triliun per tahun. Bayangkan, berapa jumlah uang yang bisa Anda dapatkan perbualannya, jika Anda menanam saham di Bank ini. Saham Bank BRI disebut dengan nama BBRI.

Cara Menanam Saham di Bank BRI
Nah, bagi Anda yang berkeinginan menanam saham di Bank BRI, ada baiknya Anda mengetahui cara-caranya terlebih dahulu:

1. Lakukan Pendaftaran

Ketika akan mulai beli saham di BRI, maka Anda harus melakukan pendaftaran untuk membuka rekening efek. Ini adalah salah satu cara yang perlu Anda pahami khususnya bagi pemula. Perlu Anda ketahui juga bahwa pendaftaran saham bisa dilakukan secara online dan offline.

Proses dan persyaratan daftar hampir sama. Bedanya, kalau mendaftar saham online, Anda bisa melakukan pendaftaran di rumah, melalui komputer saja. Kalau mendaftar saham offline, Anda perlu mendatangi kantor cabang broker saham atau perusahaan sekuritas.

2. Datang Langsung ke Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas atau disebut juga sebagai pialang adalah perantara dalam transaksi jual beli efek (surat berharga).

BBRI diprediksi akan menjadi salah satu perusahaan yang mampu meningkat dengan cepat. Untuk menanam saham, Anda tidak bisa langsung mendatangi perusahaan atau Bursa Efek Indonesia (BEI) dan melakukan pembelian saham di sana.

Karena, jual beli efek (saham) hanya bisa dilakukan melalui perusahaan-perusahaan yang telah mendapatkan izin melakukan transaksi jual beli saham.

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, umumnya kantor cabang perusahaan sekuritas sudah tersedia. Tetapi, jika Anda tinggal di kabupaten kota, Anda bisa mengecek apakah sudah tersedia kantor cabang sekuritas atau belum.

Pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang resmi atau sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang merupakan pengawas Pasar Modal.

OJK dan sekuritas adalah pihak-pihak yang menjadi bagian dari lembaga penunjang pasar modal. Terdapat juga pihak-pihak lain yang terlibat dalam pasar modal, dan Anda juga perlu mengetahuinya agar paham seperti apa perannya masing-masing. Karena nantinya Anda juga akan berhubungan dengan pihak-pihak tersebut.

2. Lengkapi Syarat Administrasi

Kelengkapan syarat administrasi untuk pendaftaran online dan offline tidak jauh berbeda. Jika Anda mendaftar saham online, Anda hanya diminta untuk melengkapi form yang biasanya telah disediakan di situs website masing-masing sekuritas.

Setelah selesai mengisi form dan membubuhi dengan tanda tangan, nantinya Anda perlu mengirimkan kembali form yang telah dilengkapi tersebut ke alamat email atau kantor sekuritas yang tertera di website.

Jika mendaftar saham offline, maka proses pengisian form tersebut dapat dilakukan di kantor sekuritas. Terdapat beberapa dokumen yang perlu Anda sediakan dalam proses pendaftaran saham, yaitu sebagai berikut:
  • Kartu Identitas: bisa KTP, SIM, atau Kartu Mahasiswa / Pelajar
  • Kartu NPWP: Pelajar / mahasiswa umumnya tidak diminta
  • Buku Tabungan
  • Kartu Keluarga, dan
  • Meterai Enam Ribu
Selain membawa berkas yang asli, ada baiknya Anda juga mempersiapkan berkas hasil fotokopi sehingga proses pendaftaran bisa lebih cepat.

3. Berinvestasi Saham di Bank BRI Secara Online

Cara berinvestasi saham di Bank BRI juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Ajaib yang akan membuat Anda bisa lebih menghemat waktu karena semua proses pembuatan RDN dan jual beli saham dilakukan secara online. Berikut ini adalah langkah-langkah investasi saham BRI:
  • Download aplikasi Ajaib di Play Store atau App Store
  • Buat rekening saham (akun saham) online sesuai dengan panduan di aplikasi.
  • Setelah rekening saham selesai dibuat, transfer jumlah deposit ke Rekening Dana Nasabah (RDN) khusus milik Anda.
  • Di aplikasi Ajaib tidak ada minimal deposit, namun jika Anda ingin membeli saham bank BRI cek terlebih dahulu harga saham per lembarnya lalu sesuaikan dana deposit yang diperlukan untuk membelinya.
  • Setelah melakukan deposit, Anda sudah bisa mulai melakukan transaksi jual beli saham.
  • Pilih saham yang ingin dibeli dari daftar saham. Akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui kode saham dari perusahaan yang hendak dibeli. 
  • Jika ingin membeli saham Bank BRI, ketikkan kode BBRI pada kolom pencarian.
  • Seluruh informasi mengenai saham terkait akan muncul di beranda Anda.
Dengan aplikasi Ajaib, Anda juga bisa melakukan jual beli saham secara langsung pada aplikasi tanpa harus memberikan perintah pada broker saham.

4. Langkah Jual Beli Saham Online

Setelah memiliki rekening dan mengisi deposit pada RDN, kita baru dapat melakukan jual beli saham Bank BRI. Berbeda dengan RDN yang berfungsi untuk menyimpan deposit, saat ingin melakukan jual beli saham, Anda harus sudah memiliki rekening saham. Rekening ini adalah tempat dimana saham-saham yang telah Anda beli akan disimpan.

Cara Sukses Investasi Saham di Bank BRI secara Online

1. Pantau harga saham dengan memasukan saham BBRI ke dalam watchlist Anda, dan tentukan pada harga berapa Anda ingin membeli saham BBRI,

2. Pilih BUY (beli) dengan cara geser atau swipe ke kiri saat ingin membeli saham BBRI yang ada di watchlist Anda,

3. Jika Anda menawar harga saham sesuai harga yang sedang berlaku saat itu, maka Anda akan langsung bisa membeli dan memiliki saham BBRI tersebut.

4. Jika Anda mengajukan penawaran harga lebih rendah atau di bawah harga saham BBRI saat itu, maka Anda harus menunggu hingga saham turun pada level yang Anda ajukan, atau sampai ada pemilik saham yang akan menjual sahamnya di angka yang Anda ajukan.

Cara Membeli Saham BBRI Melalui Produk Reksa Dana

Bagi Anda yang ingin membeli saham BRI, Anda bisa membelinya melalui perusahaan sekuritas, dengan menyiapkan uang deposit dan juga rekening saham. Namun ada juga alternatif cara lainnya, untuk menabung saham BRI melalui pembelian produk reksa dana saham di Ajaib.

Reksa Dana memungkinkan sistem dana kumpulan atau patungan dana dari para investor. Reksa dana saham sangat cocok sekali bagi Anda generasi milenial yang memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai dalam jangka panjang, yaitu lebih dari 5 tahun.

Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp10.000 saja. Dengan modal itu, Anda sudah bisa investasi saham BRI dan juga saham-saham terbaik lainnya. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi jenis-jenis reksa dana lainnya di platform Ajaib.

Saham BBRI - Bank Rakyat Indonesia - adalah Salah satu saham favorit bagi banyak orang. Merupakan saham blue-chip yang selalu mencetak kenaikkan harga saham secara konsisten dari tahun ke tahun.

Nah itulah beberapa cara untuk menanam saham di Bank BRI yang bisa Anda ikuti. Silakan tentukan jumlah investasi Anda sekarang. Selamat berinvestasi raih kesuksesan and di saham BRI. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel