Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Kalau misal kita nabung emas di pegadaian sudah pasti akan bertanya gimana cara mencairkan tabungan emas kita kalau sewaktu waktu kita perlu uang? Nah penjelasan ini penting sekali semoga bermanfaat ya.

Harga emas yang cenderung naik, menjadi salah satu alasan masyarakat untuk berinvestasi, baik berupa emas batangan ataupun emas untuk perhiasan.

Apalagi saat ini, investasi emas bisa dilakukan di mana saja, baik secara online maupun secara langsung lewat jasa layanan seperti Pegadaian.

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian
Foto bukalapak.com
Namun bagaimana jika Anda ingin mencarikan tabungan emas Anda di Pegadaian? Bingung bagaimana caranya? Berikut cara mencairkan tabungan emas di Pegadaian yang nyaman dan tentunya aman.

1. Jual Kembali Emas ke Pegadaian

Untuk mencairkan nya, Pertama adalah menjual emas Anda di Pegadaian. Jika Anda ingin memiliki uang dalam waktu yang singkat, maka salah satu caranya adalah menjual kembali emas Anda di Pegadaian.

Harga yang Anda dapatkan akan sesuai dengan harga dipasaran. Namun, ketika anda menjual emas ke Pegadaian, pastikan saldo yang tersimpan di tabungan senilai 1gr emas.

Selain itu, nasabah tabungan emas Pegadaian juga bisa mencairkan emas melalui aplikasi Pegadaian Digital. Namun perlu diperhatikan, harus ada sisa saldo minimal sebesar 0.1 gram.

2. Cetak Tabungan Emas Menjadi Emas Fisik

Selain menjualnya kembali ke Pegadaian, cara lain utnuk mencairkan tabungan emas di Pegadaian adalah mencetaknya menjadi emas fisik.

Namun, untuk melakukan hal ini, Anda harus membuat pengajuan terlebih dahulu ke pihak Pegadaian melalui aplikasi Pegadaian Digital atau langsung mendatangi gerai Pegadaian tempat pembukaan rekening.

Dalam proses pencetakan tabungan emas ke-emas fisik, Anda akan dikenakan biaya pencetakan yang disesuaikan dengan berat emas yang dicetak. Kemudian, penyerahan emas fisik akan dilakukan setelah proses pencetakan emas selesai.

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Menabung emas di Pegadaian juga memiliki beberapa keuntungan. Berikut penjelasan singkatnya.

Harga Emas yang Stabil

Dengan menabung emas di Pegadaian, nasabah tidak akan mengalami kerugian karena harga emas di Pegadaian tidak jauh berbeda dengan harga emas di pasaran. Emas juga merupakan satu-satunya instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir harga emas anjlok ketika terjadi krisis ekonomi, justru nilainya akan semakin naik.

Aman dan Legal

Seperti yang saya sebutkan di atas, Pegadaian merupakan perusahaan yang bersifat BUMN. Ini artinya, keamanan dan kelegalitas-an perusahaan ini tidak perlu ditanyakan lagi.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jaminan keamanan dan legalitas yang tinggi jika memilih menabung emas di Pegadaian.

Proses Pencairan Yang Cepat

Pencairan emas di Pegadaian dapat dilakukan dengan dua cara. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalau Anda membutuhkan proses pencairan yang cepat maka bisa memilih untuk menjualnya langsung ke Pegadaian.

Tetapi, jika Anda ingin mencetaknya ke dalam bentuk fisik, ada sedikit waktu tunggu hingga tabungan emas selesai dicetak ke dalam bentuk emas fisik.

Pegadaian merupakan pihak terpercaya untuk menabung emas, bahkan perusahaan ini berstatus BUMN. Juga merupakan platfrom yang dituju ketika ingin menabung emas.

Nah, itulah cara mencairkan tabungan emas dan juga keuntungan menabung emas di Pegadaian. Semoga artikel ini dapat membantu dalam mencairkan tabungan emas Anda di Pegadaian