Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek untuk Mengetahui Rekening masih Aktif atau Tidak

Nomor rekening bisa non-aktif alias terblokir jika tidak memiliki saldo dengan rentan waktu tertentu. Kalau kita memiliki rekening setidaknya harus ada saldo minimal 50rb umumnya.

Fungsi saldo mengendap tersebut supaya pada saat kita tidak ada transaksi dalam beberapa bulan kondisi rekening masih aktif karena masih bisa membayar biaya bulanan yang terpotong secara otomatis dari saldo kita yang mengendap tersebut.
Cara cek nomor rekening apakah masih aktif atau tidak
Lalu bagaimana cara cek apakah rekening kita masih aktif atau tidak? Cara mengetahui apakah rekening masih aktif atau tidak yaitu dengan mencoba melakukan aktivitas transfer.

Sangat dianjurkan mencoba transfer antar bank. Karena kalau transfer sesama Bank, transfer uang tetap masuk walaupun rekening kita sudah nonaktif.

Selain itu cara cek apakah rekening kita masih aktif yaitu menghubungi kantor bank terkait sesuai dengan rekening kita.

Contohnya kalau mau cek rekening BRI apakah masih aktif atau tidak dapat melakukan pengecekan status rekening di kantor BRI terdekat, jika rekening dalam status pasif dapat diaktifkan kembali dengan melakukan transaksi setoran tunai di teller sebanyak setoran awal.

Bagaimana Jika Saldo 0 Apakah Rekening Nonaktif? 

Belum tentu karena setiap bank memiliki kebijakan tersendiri, ada masa atau tenggang sekalipun posisi rekening sudah Nol saldo. Berikut ketentuan masing-masing Bank

Jika Saldo ATM BCA nol
Seandainya saldo rekening BCA kamu 0 (nol) selama periode dibawah 6 bulan masih aktif. Jika lewat maka rekening BCA kamu bisa ditutup.

Ketentuannya, Untuk rekening Tahapan / Tapres / Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, TabunganKu dan BCA Dollar, sistem BCA akan menutup rekening bila saldo 0 (nol) selama 6 bulan berturut-turut.

Jika Saldo ATM BNI Nol
Rekening BNI jika saldo Nol diberikan tenggang waktu Pasif 6 bulan - Bila saldo Rp.0 dan tidak melakukan transaksi apapun selama 6 bulan berturut-turut maka rekening tabungan BNI akan terblokir.