Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Cek Bansos Online di cekbansos.siks.kemsos.go.id

Halo warga +62.. Bansos bisa dilihat melalui HP dengan cara mengunjungi laman resmi pemerintah yaitu di laman cek bansos. 

Bansos adalah bantuan sosial dari Pemerintah berupa bantuan sosial tunai (BST) bagi keluarga yang terdampak pandemic COVID-19.

Jumlah BST atau bansos tunai sebesar Rp 500 ribu untuk setiap keluarga. Terdapat 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bansos ini.

Bantuan ini hanya diberikan selama satu kali yang dicairkan pada bulan September.

Untuk mendapatkan BST tidak perlu mendaftarkan diri, sebab keluarga yang termasuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercatat akan mendapatkan BST tersebut. BST akan terus disalurkan hingga bulan Desember 2020.
 
Cara cek bansos online (ilustra foto) 

Nah, berikut ini akan dijelaskan cara cek bansos secara online di cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Penerima dapat mengecek apakah telah terdaftar sebagai penerima bansos tunai melalui situs web cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Nantinya, penerima bansos akan dimintai:
  • ID KTP atau data Penerima Bantuan Iuran (PBI),
  • Kartu Indonesia Sehat (KIS),
  • Serta mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  • Masukkan kode captha yang tercantum dalam situs web kemudian cek “keterangan bansos” dan data akan ditampilkan.
Selain melalui cekbansos.siks.kemsos.go.id, penerima bansos dapat juga mengecek BST melalui aplikasi SIKS Dataku dan juga melakukan pencarian data penerima BST melalui situs dtks.kemensos.go.id.

Perlu diketahui bahwa Proses pencairan BST akan dikirim langsung melalui rekening penerima melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), setelah itu pemegang kartu dapat mencairkan BST dengan cara tarik tunai melalui ATM maupun Kantor Cabang Bank Mitra Kemensos yakni BNI, BRI, BTN dan Mandiri atau melalui e-warong.

Demikian cara cek bansos secara online di cekbansos.siks.kemsos.go.id. Semoga informasi ini membantu.