Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Apakah Anda tinggal di daerah perkotaan dengan rumah sewa bulanan? Atau Anda ingin membangun rumah namun tidak memiliki lahan? Mungkin membeli satu unit apartemen bisa menjadi solusinya.

Selain harganya yang terjangkau, uang yang Anda bayarkan untuk sewa rumah setiap bulannya, bisa Anda gunakan untuk membeli apartemen. Harga membeli apartemen juga tidak sebesar ketika Anda membangun rumahmu sendiri.

Tipe Apartemen yang Bisa Anda Pilih

Berikut tipe-tipe apartemen yang parlu kamu ketahui:
  • Tipe Apartement Studio
  • Tipe Alcove Studio
  • Tipe Apartemen Loft
  • Tipe Apartemen 1, 2, 3 Kamar
  • Tipe Apartemen Penthouse
  • Tipe Apartemen Garden
  • Tipe Apartemen Convertible
 
Apartemen (foto okezone)

Bagi Anda yang ingin membeli apartemen, jangan sampai salah pilih ya? Yuk, intip 8 tips membeli apartemen bagi pemula yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

1. Pilih Lokasi Apartemen

Banyak sekali apartemen yang dibangun di daerah yang sangat strategis. Jika kamu pemula dan ingin membeli apartemen maka pertimbangan utama adalah lokasi.

Pilihlah apartemen yang dekat dengan fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, tempat kerja, transportasi dan lain sebagainya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam beraktifitas.

2. Pilih yang Nyaman dan Aman

Tempat tinggal memanglah harus yang nyaman dan pastinya terjamin keamanannya. Pastikan Anda memilih Apartemen yang nyaman untuk ditinggali dan juga memiliki keamanan yang baik.

Lingkungan sekitar apartemen juga harus diperhatikan. Apakah apartemen yang Anda incar berlokasi di tempat yang tidak sehat atau berada di lingkungan yang sehat.

Hal ini juga menjadi poin penting yang berpengaruh bagi kehidupan keluarga Anda, terutama anak-anak Anda.

3. Pilih Apartemen sesuai Kebutuhan Anda

Tipe Apartemen memiliki beragam jenis kamar. Tentukan jenis apartemen sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Kunjungi Website Resmi Apartemen yang Ingin Anda Beli

Sosial media memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat dewasa ini. Lewat media sosial Anda bisa mencari informasi yang berkaitan dengan apartemen yang ingin Anda beli.

Selain itu, Anda juga bisa melihat review dari konsumen dengan mengunjungi website resmi apartemen tersebut. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari apartemen itu sendiri.

5. Cek Keadaan Apartemen

Setelah Anda mengumpulkan informasi tentang unit apartemen yang akan Anda beli, saatnya Anda mengunjunginya secara langsung.

Ada beberapa hal yang tidak bisa Anda ketahui tanpa melihatnya secara langsung. Seperti, kualitas fasilitas-fasilitas yang ada di dalam apartemen, tingkat kebisingan di area apartemen, luas unit dan lain sebagainya.

6. Perhatikan Harga yang Ditawarkan

Banyak dari pembeli apartemen pemula menganggap enteng soal harga. Sedangkan masing-masing developer menawarkan harga yang bervariatif.

Harga yang bervariatif, biasanya ditentukan berdasarkan pemandangan yang Anda dapatkan dari unit apartemen dan juga fasilitas yang ada di dalam apartemen.

Harga apartemen juga bisa dipengaruhi oleh lokasi apartemen tersebut. Umunya, apartemen yang terletak di daerah yang strategis dipatok dengan harga yang tinggi.

Sebaliknya, jika apartemen terletak di daerah yang jauh dari fasilitas umum, harga yang ditawarkan juga rendah.

7. Mencari Harga Pembanding

Sekarang ini terdapat situs jual beli properti yang bisa membantu Anda mengecek harga apartemen, untuk pemula ini penting sekali.

Anda bisa menggunakan situs tersebut untuk membandingkan harga apartemen. Anda bisa membandingkan harga dan juga fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen-apartemen tersebut.

8. Ketahui Jenis Sertifikat Apartemen

Di negara kita, umumnya jenis sertifikat apartemen terbagi menjadi dua, yaitu:
  • Sertifikat Hak Kepemilikan Rumah Susun (SHKRS) / HGB Milik
  • Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKBG)
Sertifikat HGB adalah jenis sertifikat kepemilikan dari apartemen yang berdiri di atas lahan milik perorangan atau milik pengembang properti. Jenis sertifikat ini kedudukannya kuat dan bisa Anda gadaikan di bank.

Sementara itu, SKBG memiliki kedudukan yang lemah karena status kepemilikan tanahnya berada di pihak ketiga. Sertifikat ini berlaku jika apartemen yang Anda beli dibangun di atas tanah milik pemerintah atau tanah wakaf.

Surat kepemilikan apartemen ini memiliki pengaruh kuat atau lemahnya kedudukan Anda dalam kepemilikan apartemen tersebut.

Nah, itu tadi beberapa tips membeli apartemen bagi pemula. Semoga tips di atas dapat membantu Anda menemukan hunian impian apartemen terbaik Anda ya!.