Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Menabung Untuk Beli Rumah Idaman Setelah Menikah

Rumah idaman atau rumah impian setiap orang berbeda-beda. Namun bagi anda yang yang memiliki keterbatasan dana, membeli rumah subsidi bisa menjadi pilihan.

Untuk awal-awal anda jangan dulu menargetkan untuk membeli rumah yang mewah, karena akan sulit tercapai apalagi gaji anda belum begitu besar.
 

Bercita-cita membeli rumah mewah sesuai dengan idaman juga bukan hal yang tidak mungkin, tetapi anda tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Nah agar rumah idaman anda segera terwujud, Ada berbagai cara menabung yang efektif yang bisa anda praktekkan.

1. Manajemen Keuangan

Sering sekali setelah gajian anda lupa untuk mengatur keuangan anda karena semua keinginan dijadikan sebagai kebutuhan.

Manajemen keuangan ini untuk mengetahui secara detail rencana keuangan anda untuk kebutuhan apa saja setiap bulannya. Apalagi anda sudah berkeluarga sudah pasti akan lebih susah mengatur keuangan karena banyak kebutuhan.

Menajemen keuangan ini akan membantu anda dalam mengatur keuangan sehingga anda bisa menabung.

Selain itu, jika manajemen keuangan anda detail maka anda diharuskan untuk membeli yang penting saja sehingga pengeluaran anda lebih efektif.

Jadi bijaklah dalam mengelola keuangan, karena dari hal kecil bisa menjadi besar jika anda konsisten dalam melakukan perubahan.

2. Tentukan Target

Karena target anda adalah membeli rumah idaman, bukan berarti anda harus menargetkan menabung dengan nominal yang besar.

Maksud dari target ini adalah anda ingin membeli rumah berapa tahun lagi, sehinga dengan adanya target waktu tersebut anda akan konsisten menabung agar target pembelian rumah dapat tercapai.

Target lain yang harus anda lakukan terkait dengan uang yang akan dikumpulkan agar uang tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli rumah idaman. Untuk membeli sebuah rumah diperlukan konsistensi dalam menabung untuk membeli rumah tersebut.

3. Jangan Berhutang

Agar keinginan anda lebih mudah terwujud maka hindari berhutang dalam bentuk apapun, baik dalam bentuk uang atau kredit barang.

Jika anda tidak memiliki hutang maka akan mempermudah anda untuk membagi keuangan sesuai dengan kebutuhan tanpa harus memikirkan bayar hutang atau cicilan.

4. Hemat

Ada pepatah mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Jadi agar keinginan anda cepat terwujud maka anda harus menghemat pengeluaran yang tidak terlalu krusial.

Contoh penghematan yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak makan diluar atau jajan di luar. Selain itu untuk membeli kebutuhan rumah tangga anda bisa memanfaatkan diskon atau belanja di pasar yang harganya lebih murah.

5. Investasi

Ada banyak jenis investasi, salah satunya adalah investasi emas di Pegadaian. Untuk investasi emas di Pegadaian cukup mudah karena tidak membutuhkan syarat yang banyak dan proses yang lama.

Meskipun namanya menabung emas, bukan berarti anda menyetorkan emas ke Pegadaian untuk ditabung, melainkan anda menyetorkan uang dan nanti akan diakumulasi ke emas sesuai dengan harga saat itu.

6. Konsisten

Pada akhirnya yang paling penting diantara cara di atas adalah konsisten. Jika tidak diterapkan secara konsisten maka rumah idaman anda tidak akan terwujud.

Contoh dari konsisten adalah Jika anda ingin berhemat maka harus anda lakukan secara terus menerus, jangan seminggu hemat terus seminggu nya lagi boros.