Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak yang Bagus dan Murah

Tabungan untuk pendidikan anak memang harus dipersiapkan sedini mungkin, hal ini karena biaya pendidikan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jadi jika tidak dipersiapkan dari awal maka orang tua akan merasa kewalahan dengan biaya pendidikan yang besar.

Pendidikan anak tidak hanya sekedar daftar ulang yang dibayarkan di pangkal saja, namun masih banyak biaya lainnya yang harus dipersiapkan seperti biaya transportasi, biaya seragam, biaya buku dan masih banyak lagi jenis biaya lainnya.

Banyaknya biaya yang dibutuhkan seperti yang dijelaskan di atas, maka jalan yang bisa dilakukan adalah dengan tabungan pendidikan anak di bank. Berikut adalah rekomendasi bank untuk tabungan pendidikan anak.

Tabungan Pendidikan Anak BNI

Tabungan pendidikan anak BNI bisa menjadi salah satu pilihan, jenis tabungannya adalah BNI Tapenas. Tabungan pendidikan anak di BNI sudah termasuk asuransi yang bebas premi. Bagi nasabah yang memilih jenis tabungan ini dapat memilih besaran setoran setiap bulannya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5. 000.000.
 

Suku bunga pada jenis tabungan ini dikenakan sebesar 4% per tahun dengan biaya administrasi sebesar Rp 18.000 setiap tahunnya. Dana lain yang dikenakan oleh nasabah adalah ketika akan menutup rekening maka akan dikenakan biaya sebesar 1% dari total saldo akhir.

Jika ingin membuat jenis tabungan ini maka syarat utamanya adalah harus warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun dan maksimal usia 60 tahun dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) / SIM / Paspor. Selain itu juga nasabah harus memiliki rekening BNI Tapenas yang meliputi BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan atau BNI Giro Perorangan atau BNI Tapenas USD yaitu BNI Dolar atau BNI Giro USD Perorangan.

Tabungan Pendidikan Anak BRI

Produk tabungan pendidikan anak BRI bernama Britama Rencana dengan suku bunga 3,25%. Jangka waktu simpanan tabungan ini mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun. Selain itu juga nasabah bebas memilih nominal setoran mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000.

Tabungan Britama Rencana ini dapat dilakukan penarikan kapan saja tanpa dikenakan biaya alias gratis. Syarat untuk membuat tabungan ini adalah berusia 17 – 64 tahun dan punya rekening tabungan BRI Britama, Britama Bisnis, atau Giro. Nantinya kamu hanya perlu mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.

Tabungan Pendidikan Anak BCA

Tabungan pendidikan anak Bank BCA memberikan kebebasan bagi nasabahnya untuk memilih waktu deposito mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Suku bunga Tahapan Berjangka BCA menggunakan skema floating dengan bunga terbesar mencapai 3,75 persen, selain itu Bank BCA memberikan fasilitas lainnya yaitu dengan adanya perlindungan jiwa / pertanggungan hingga 1,5 milyar per nasabah.

Syaratnya, nasabah harus berstatus WNI dan berusia minimal 12 – 60 tahun. Calon nasabah juga harus memiliki produk Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.

Tabungan Pendidikan Anak Mandiri

Tidak kalah dengan bank lainnya Bank Mandiri juga mengeluarkan fasilitas untuk rencana pendidikan anak yang dinamakan Tabungan Rencana Bank Mandiri.

Bunga dari tabungan ini paling banyak adalah 3% yang ditentukan dari lamanya nasabah menabung, ada fasilitas lainnya yang ada di tabungan Bank Mandiri ini yaitu adanya perlindungan asuransi gratis sebesar 5 juta per bulan, adanya asuransi ini karena Bank Mandiri bekerjasama dengan PT AXA Mandiri Financial.

Jumlah setoran di Bank Mandiri ini disesuaikan dengan kemampuan nasabahnya sehingga menjadi lebih flexible. Syarat untuk membuka tabungan ini adalah berusia 18 - 70 tahun, selain itu nasabah hanya perlu mempersiapkan rekening tabungan Mandiri atau Mandiri Giro dan mengisi formulir aplikasi, pernyataan kesehatan, dan surat kuasa pendebitan otomatis.