Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Kredit Mobil Baru Atau Bekas? Ini Pertimbangannya

Memiliki sebuah mobil memang menjadi impian setiap orang. Namun sayangnya keadaan finasial setiap orang berbeda-beda sehingga membeli mobil hanya sekedar impian.

Bagi yang memiliki finansial yang cukup maka membeli mobil bukanlah hal yang sulit, namun meskipun mampu masih mempertimbangkan kredit mobil baru atau bekas, mengingat kebutuhan juga banyak.

Bagi anda yang masih bingung kredit mobil baru atau bekas, berikut point yang bisa anda pertimbangkan.

1. Proses Kredit

Proses kredit mobil bekas tentu lebih mudah dibandingkan mengajukan kredit mobil baru. Hal ini karena pihak dealer mempertimbangnan kemampuan finansial anda. Karena ditakutkan anda tidak mampu membayar cicilan karena dilihat dari penghasilan saja anda tidak mendukung.

Semakin harga mobil mahal, maka cicilannyapun akan semakin besar, apalagi jika DP yang anda berikan hanya sebatas minimal. Namun tidak jarang juga beberapa dealer memberikan promo untuk harga mobil secara kredit.
 

2. Suku Bunga

Pasti langsung ada gang menebak bahwa Suku bunga mobil baru pasti lebih besar karena dilihat dari harganya mobil baru lebih mahal.

Namun kenyataannya Suku bunga untuk kredit mobil baru lebih rendah daripada mobil bekas. Sehingga jika Anda kredit mobil baru, uang yang harus dikeluarkan secara cuma-cuma untuk membayar bunga akan lebih sedikit.

Meskipun pada akhirnya uang yang dikeluarkan secara keseluruhan lebih besar mobil baru dibandingkan mobil bekas.

3. Kualitas Mobil

Berbicara tentang kualitas, jangan langsung menilai bahwa mobil bekas sudah tidak memiliki tenaga dan secara body sudah tidak mengkilat lagi.

Nah, untuk masalah kualitas tidak perlu anda ragukan jika anda membeli di showroom yang terpercaya dan memberikan jaminan kualitas pada mobil bekas. Tapi masalah kualitas ini tergantung pada kebutuhan anda.

4. Proses

Proses administratif untuk kredit mobil baru akan lebih lama dibandingkan dengan kredit mobil bekas.

Hal ini karena adanya proses seperti menunggu nomor plat keluar atau masalah administrasi lainnya. Sedangkan untuk mobil bekas bisa langsung anda gunakan.

5. Biaya Tambahan

Ketika kredit mobil bekas sudah pasti bukan atas nama anda, sehingga ketika anda akan membayar pajak anda harus menggunakan identitas pemilik lamanya.

Selain itu anda akan mengeluarkan biaya tambahan un tuk balik nama kendaraan jika mobil tersebut sudah lunas.