Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Beli Rumah Tapi Gaji Kecil? Terapkan 5 Cara ini

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memiliki rumah idaman. Tetapi keinginan tersebut biasanya langsung disadarkan dengan keadaan yang gaji hanya UMR, sedangkan harga rumah selalu mengalami peningkatan.

Jika keadaan ini terjadi kepada anda, pasti yang di pikiran anda tidak mungkin bisa beli rumah dari gaji yang cuma 4 jutaan.
 
Padahal jika anda pintar mengelola gaji yang minimal menjadi maksimal bukan tidak mungkin anda bisa membeli rumah idaman.

Jadi agar anda bisa membeli rumah meskipun gaji kecil, ikuti tips berikut ini

1. Tentukan harga rumah yang akan anda beli

Menentukan harga rumah di awal perencanaan sangat penting karena ini akan menentukan langkah anda selanjutnya. Mulai dari menentukan besaran cicilan hingga strategi menabung agar dapat mencapai harga yang diinginkan.

Jadi anda harus memiliki patokan kisaran harga rumah yang mampu anda beli atau anda kredit. Jika gaji anda masih kecil, jangan mengambil rumah diluar kemampuan anda.
 

2. Ketahui jumlah cicilan

Jika anda sudah menetapkan harga, selanjutnya anda harus mengetahui besaran cicilan rumah tersebut mengingat gaji anda kisaran 4 jutaan.

Dengan gaji 4 juta tersebut anda harus memperhitungkan berapa besaran cicilan setelah dipotong dengan kebutuhan sehari-hari anda.

Untuk menentukan besaran cicilan dapat dilihat dari jumlah DP dan tenor waktu yang diambil. Jadi jika DP anda kecil dan ingin cicilannya kecil maka anda harus mengambil tenor yang lebih lama.

Tetapi sebelum memutuskan itu semua anda harus mengetahui untung rugi antara keduanya agar anda tidak menyesal nantinya.

3. Sisihkan gaji untuk ditabung

Menabung adalah langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mewujudkan impian anda membeli rumah. Untuk menabung dengan gaji 4 jutaan anda harus menabung di awal gajian sebelum terpotong dengan kebutuhan lainnya.

Agar tabungan anda cepat mencapai target jangan menabung ketika gaji ada sisanya. Karena jika anda menabung dengan cara ini maka kemungkinan gaji anda tidak ada sisanya, apalagi anda adalah orang yang susah mengendalikan keinginan sehingga tidak ada prioritas.

4. Jangan Berhutang

Jangan dibiasakan untuk berhutang ketika ada keinginan yang tidak mendesak. Karena dengan berhutang maka anda akan menjadi orang yang boros karena asalkan bisa membeli keinginan maka berhutang pun dilakukan.

Ada lagi hal negatif dari berhutang, yaitu anda tidak akan pernah tenang dan terkadang merasa bingung uang tidak dibelikan apa-apa tapi cepat habisnya, padahal anda tidak sadar bahwa hutang yang membuat anda tidak bisa menabung.

Usahakan ketika ada target yang lebih penting seperti membeli rumah, maka anda harus menahan diri dari godaan yang tidak terlalu penting.

5. Prioritaskan Kebutuhan

Kebutuhan yang tidak bisa di otak-atik adalah kebutuhan sehari-hari dan transportasi. Jadi alokasikan gaji untuk kebutuhan tersebut baru ke kebutuhan lainnya.

Jika selama ini anda setelah menerima gaji langsung cari hiburan atau belanja, lebih baik hal tersebut anda kurangi, karena merupakan sifat yang boros. Jika memang hiburan adalah hal yang wajib bagi anda, maka anda bisa mencari hiburan setelah gaji anda ada sisanya.