Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Tidak Melarat di Masa Tua terapkan 5 Cara ini

Tidak ada seorangpun yang ingin Melarat di masa tua, Hanya sedikit orang menyiapkan rencana masa tuanya sebaik mungkin sejak dini. Namun terkadang meskipun semua sudah disiapkan masih saja melarat ketika masa tua tiba.

Kenapa itu terjadi? Meski sudah menyiapkan segala nya terkadang harapan hidup bahagia di masa tua ternyata tak didapatkan justru kebalikannya yaitu susah dan melarat.
 

Setiap manusia memang punya kendali penuh atas hidup nya sendiri, sedangkan Masa tua nanti bisa dilihat dari apa yang di upayakan saat masih muda.

Mungkin beberapa hal ini dapat menjadi motivasi kita bersama agar tidak Melarat saat masa tua tiba. Beberapa tips yang harus disiapkan agar masa tua bahagia adalah sebagai berikut:

1. Tidak Usah Gengsi dengan Keadaan

Ini paling penting, jika ingin masa tua cerah dan bahagia mulai lah dengan sikap tidak gengsi. Tak perlu ikuti gaya hidup orang lain.

Jika isi dompet kita pas-pasan sebaiknya maksimal kan untuk menabung walaupun sedikit yang bisa disishkan dari pada memaksakan gaya seperti orang yang sudah sukses.

2. Memiliki Pekerjaan Sesuai Bidang

Memilih pekerjaan sesuai bidang termasuk sesuai dengan keahlian atau hobi adalah langkah paling tepat.

Banyak orang bekerja semata mata untuk mengejar status sosial padahal hasil tidak ada, bahkan untuk tabungan mereka kesulitan.

Kalau kita memilih pekerjaan yang sesuai sudah pasti niat untuk menabung semakin terbuka lebar. Ini salah satu faktor menggapai bahagia saat masa tua tiba.

3. Membangun Keluarga yang Baik

Apa jadinya jika tabungan untuk masa tua sudah banyak tetapi tidak memperhatikan keluarga?

Contoh realita yang sering terjadi yaitu, Saat kita tua dan anak menginjak dewasa malah membuat mumet orang tua nya sendiri. Anak tersandung Narkoba sehingga perlu biaya besar untuk berhadapa dengan hukum.

Disitulah uang yang kita tabung untuk masa depan jadi lenyap, Harapan hari bahagia masa tua berubah menjadi pilu.

Mendidik keluarga yang baik adalah pokok penentu jika ingin hari tua tidak Melarat, Maka didiklah keluarga menjadi keluarga terbaik.

4. Memiliki Tabungan Terbaik

Untuk bekal masa tua salah satu yang penting yaitu punya tabung Terbaik. Tabungan harus dilakukan sejak masa muda untuk dinikmati di masa tua.

Misalnya, tabungan rencana umroh, pensiun pernikahan, jenjang pendidikan selanjutnya, membeli rumah, membeli kendaraan dan tabungan lainnya.