Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soft Skill yang Sangat Berpengaruh dalam Kesuksesan Karir Seseorang

Soft skill merupakan ciri kepribadian seseorang yang memengaruhi hubungan interpersonal di tempat kerja atau dalam berkarir. Soft skill sangat Berpengaruh besar didalam dunia kerja, Beberapa contoh soft skill yang paling penting yaitu karakteristik seperti kepemimpinan, empati komunikasi, hingga etika dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, Setiap orang diharuskan memiliki paling tidak satu soft skill yang dibanggakan, apalagi bagi seorang pekerja. Soft skill bagi seorang pekerja dibutuhkan untuk memberikan nilai tambah terhadap kinerjanya dan hal tersebut mampu mendorong karir ke arah yang lebih baik.
 

Artinya kita tidak bisa menganggap remeh sebuah soft skill. Lalu apa saja manfaat soft skill ? Manfaat soft skill dalam dunia kerja yang paling terasa adalah:
  • Mempunyai banyak Relasi
  • Membantu Mencapai Jenjang Karir
  • Kepemimpinan (Leadership)
  • Kemampuan Berkomunikasi
  • Berpikir Kritis
  • Mengembangkan Otak Kanan
  • Kestabilan Emosi dan Kesehatan
  • Mengendalikan Perasaan
Dari beberapa poin manfaat soft skill diatas dapat disimpulkan bahwa begitu besar pengaruh soft skill tersebut. Untuk menggapai manfaat tersebut kita harus menyadari bahwa setidaknya ada 7 soft skill yang sangat vital dalam dunia kerja, Berikut ulasannya.

1. Menguasai Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal sangat bermanfaat terutama saat menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu agar maksud yang kita sampaikan tersirat dengan baik.

2. Berkomunikasi Melalui Tulisan

Tidak cukup jika hanya menguasai komunikasi verbal saja, tetapi seseorang dituntut untuk menguasai komunikasi secara tertulis. Melalui tulisan, karakter dan jalan pemikiran seseorang akan lebih mudah dikenali. Karenanya pandai-pandai lah merangkai kata untuk menuangkan isi pikiran dalam sebuah tulisan.

3. Mampu menyelesaikan Masalah (Problem Solving)

Seseorang yang memiliki kemampuan problem solving ini mempunyai logika serta nalar yang lebih tajam dari kebanyakan orang, meskipun tak semuanya tepat. Namun jika diasah terus-menerus, kemampuan tersebut bisa berkembang dan menguntungkan diri sendiri juga orang lain.

4. Mampu Mengelola Waktu

Kemampuan mengelola waktu sangat jarang dipelajari di sekolah umum tetapi bisa dipelajari melalui pengalaman. Seseorang yang pandai mengelola waktu akan mampu membuat skala prioritas pada setiap pekerjaannya. Sehingga, pekerjaan dan kegiatan lain akan lebih terorganisir.

5. Pintar Berorganisasi

Memiliki kemampuan berorganisasi merupakan soft skill yang juga penting untuk dimiliki oleh seseorang. Sebab, Anda akan dituntut untuk mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan sebuah tugas maupun permasalahan. 

6. Kemampuan Berpikir Kritis

Kemampuan berpikir kritis dapat membantu seseorang untuk menemukan cara dalam menyelesaikan permasalahan.
Berpikir kritis dalam dunia kerja sangat diperlukan, karena kita akan mampu berpikir logis dan tidak gampang terpengaruh oleh situasi di dunia kerja saat kondisi kurang kondusif.

7. Good Listener

Tidak banyak yang mampu menjadi seorang pendengar yang baik (good listener). Karena untuk menjadi pendengar yang baik Anda juga harus bisa mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh si pencerita, sekaligus aktif dalam memberikan respon ketika dimintai pendapat.