Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips sukses Memulai Bisnis Kos-Kosan

Di kota besar, menemukan kamar kos tidak lagi susah karena sudah banyak sekali yang menjalankan bisnis ini. Bahkan kebutuhan akan kamar kos tidak diimbangi dengan jumlah yang banyak.

Dampak dari banyaknya Kos-Kosan di suatu titik seperti di daerah perguruan tinggi dan perkantoran tentu akan menimbulkan persaingan yang ketat.

Untuk itu anda harus mengetahui tips sukses menjalankan bisnis Kos-Kosan agar banyak peminatnya dan akan mendatangkan income yang terus-menerus.

1. Lokasi Strategis

Masalah lokasi adalah yang paling penting sebelum anda membangun Kos-Kosan. Jangan sampai anda telah membangun tetapi justru sepi peminat karena lokasinya tidak sesuai.

Lokasi yang paling banyak peminat Kos-Kosan adalah sekitar kampus, mall atau perkantoran karena banyak yang menempuh pendidikan atau yang bekerja berasal dari luar daerah.

Anda lebih baik mencari lahan dengan harga tinggi tetapi memilki prospek yang menguntungkan sehingga dapat menawarkan harga yang cukup tinggi, dibandingkan dengan harga yang murah tetapi sepi peminat nya, hal ini tentu akan merugikan anda sendiri.
 
Tips sukses usaha kos-kosan (foto jogja.trade)

2. Harga Sewa Jangan Terlalu Tinggi

Untuk menentukan harga kos jangan asal patok, anda bisa melihat harga yang ditawarkan disekitar anda untuk menjadi referensi dalam menentukan harga sewa.

Menentukan harga sewa bisa juga dilihat dari kondisi bangunan, lingkungan, lokasi dan fasilitas yang anda tawarkan. Semakin lengkap fasilitas dan kondisi bangunan yang masih bagus serta lingkungan yang nyaman tentu harganya akan semakin tinggi.

Jangan sekali-sekali mematok harga sewa tinggi sedangkan lokasi kosan anda jauh, bangunan sudah tua, dilingkungan kumuh dan fasilitas apa adanya. Jika demikian, maka sudah dipastikan kosan anda tidak akan laku.

3. Berikan Kenyamanan

Seseorang yang menyewa kamar kos karena menginginkan tempat tinggal yang nyaman dalam jangka waktu yang lama, untuk itu lingkungan sekitar kosa anda haruslah bersih.

Anda bisa memperkerjakan seseorang untuk membantu anda dalam membersihkan Kos-Kosan, biasanya penghuni kosan akan lebih senang jika ada tukang bersih-bersih sehingga mereka tidak perlu saling menyalahkan ketika ada teman yang tidak membersihkan lingkungan.

4. Memiliki Lahan Parkir

Lahan parkir juga sangat penting karena bisa menjadi pertimbangan bagi calon penghuni kosan. Apalagi sekarang memang hampir semua orang memilki yang namanya motor meskipun jarak antaran tempat kerja atau kampus ke kosan cukup dekat.

Jadi lahan parkir wajib anda sediakan karena sudah dipastikan penghuni kos membutuhkan ini. Meski penghuni kosan tidak membawa motor, tetapi terkadang mereka membawa teman-teman untuk sekedar berkumpul atau mengerjakan tugas.

5. Fasilitas Oke

Banyak orang-orang rela mengeluarkan uang lebih asalkan fasilitasnya sesuai. Biasanya kosan akan laris ketika memiliki fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang bisa anda sediakan di kosan anda seperti wifi, springbed, kamar mandi di dalam, meja, kursi, lemari dan tempat jemuran yang memadai. Dengan begitu dijamin akan banyak peminatnya.

6. Promosi

And bisa memanfaatkan internet atau media sosial untuk memasarkan kosan anda. Karena sekarang ini segala kebutuhan banyak dicari di internet.