Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Perencanaan wajib ketika Akan Membangun Rumah

Rumah merupakan sebuah istana bagi setiap keluarga sehingga tidak heran bahwa banyak orang yang mengambil KPR agar memiliki sebuah istana hunian. Memang sebenarnya untuk memiliki sebuah rumah ada dua pilihan beli jadi seperti KPR atau bangun sendiri.

Sebenarnya kedua pilihan tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Jika membeli jadi maka kita tidak perlu ribet untuk menghitung material dan mempersiapkan tukang. Sedangkan ketika akan membangun sendiri maka desainnya dapat sesuai keinginan dan ketika membangun rumah tersebut tidak harus langsung jadi, artinya dapat dicicil.

Bagi anda yang akan membangun rumah sendiri dari awal, maka ada hal-hal yang harus diperhatikan agar pembangunan rumah dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

DANA YANG DIMILIKI

jangan pernah yang namanya membangun rumah dengan memaksakan diri, anda harus memperhitungkan dana yang anda miliki, jika dana sedikit tentu bentuk rumahnya lebih kecil karena menyesuaikan budget, begitupun jika anda memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah yang besar. Selain itu anda juga sudah memiliki gambaran apakah rumah tersebut akan dibuat langsung jadi atau yang penting sudah bisa dihuni seperti rumah berlantai kan semen dulu atau temboknya bata merah dulu.
 

SIAPKAN DESAIN RUMAH

hal ini sangat penting karena untuk membantu tukang dalam pengerjaan rumah. Jika tidak ada desain maka tukang akan bingung seperti apa bentuk rumah yang anda ingin inginkan. Jika anda tidak menggunakan jasa arsitek maka anda bisa cari gambar rumah di internet.

MENCARI MATERIAL

Dalam mencari material bangunan, tentunya lagi-lagi harus sesuai dengan keuangan yang anda miliki. Misalnya jika anda hanya mampu membeli batako jangan sampai anda memaksakan diri untuk membeli batu bata yang harganya memang lebih mahal. Jika anda belum mengetahui tentang material rumah, maka anda bisa menanyakannya dengan tukang atau survei langsung.

CEK LAHAN

jika anda membeli rumah dengan membeli tanah, maka yang penting dan harus diperhatikan adalah apakah tanah tersebut sengketa dengan cara cek surat-surat tanah tersebut kepada notaris u tuk memastikan kepemilikan tanah yang akan anda bangun rumah.

CEK LINGKUNGAN

pengecekan lingkungan ini berfungsi agar nantinya anda merasa aman dan nyaman selama membangun dan tinggal di rumah tersebut. Lingkungan yang harus di cek adalah apakah rumah yang akan anda bangun menutupi jalan atau tidak atau bisa juga rumah yang akan anda bangun mengganggu tetangga karena tembok terlalu mepet.

CARI TUKANG

Ketika mencari tukang jangan sampai anda mendapatkan tukang yang kurang profesional, anda harus benar-benar mencari tukang yang berpengalaman karena ini nanti akan berpengaruh terhadap kualitas dan ketahanan bangunan  rumah anda. Untuk mencari tukang anda bisa tanya-tanya dengan teman atau keluarga yang sudah terlebih dahulu membangun rumah.