Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anaknya, namun ada orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya di sekolah negeri dan ada juga di swasta. Kedua jenis sekolah tersebut memiliki keunggulannya masing-masin dan tentunya memiliki perbedaan biaya yang cukup signifikan.

Sekarang ini justru banyak orang tua yang ingin anaknya masuk di sekolah swasta, tentunya dengan kualitas yang terbaik. Seperti yang beragama Islam lebih memilih memasukan anaknya ke Pondok Pesantren atau sekolah yang memiliki nuansa agama, hal ini dimaksudkan agar anak tidak hanya mendapatkan pendidikan umum tetapi juga memahami pendidikan agama.

Bagi orang tua yang anaknya sudah mau mulai sekolah pastinya was-was. Bagaimana tidak, biaya sekolah setiap tahunnya meningkat hingga 20%, apalagi di daerah perkotaan yang semakin maju dengan fasilitasnya sehingga biaya sekolah akan semakin mahal.
 

Sebenarnya biaya pendidikan bisa disiasati dengan menggunakan asuransi. Tujuan mengambil asuransi pendidikan anak adalah supaya saat anak masuk sekolah, orang tua punya simpanan yang cukup untuk membayar uang sekolah.

Namun perlu diingat lagi, agar asuransi yang diambil untuk pendidikan anak tersebut cukup sesuai kebutuhan, maka orang tua harus melakukan tips-tips berikut untuk memilih asuransi yang tepat.

# Jumlah Dana = Target Biaya Pendidikan

Agar orang tua mengetahui jumlah dana yang diperlukan ketika anak sekolah, maka orang tua sudah memiliki bayangan anaknya akan sekolah dimana. Jika sudah pasti maka orang tua sudah bisa menghitung kenaikan biaya sekolah tersebut setiap tahunnya. Sehingga ketika anak masuk sekolah orang tua sudah siap dengan biayanya.

# Kritis Dalam Memilih Asuransi

Agen asuransi di Indonesia sudah banyak sekali seperti AXA, BCA, BRI dan masih banyak lagi yang menawarkan asuransi. Nah, ketika anda akan memilih asuransi maka anda harus teliti tau harus tau informasi mendalam tentang asuransi tersebut. Jika anda masih ragu anda bisa bertanya langsung dengan agennya karena sekarang ini harus transparan antara agen dengan calon konsumennya.

Jika anda masih ragu juga tentang premi atau ketentuan lain dari asuransi tersebut, anda bisa mencarinya di internet. Hal semacam ini dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman dikemudian hari, karena seperti kita tau bahwa agen asuransi pasti akan menawarkan hal-hal yang baiknya saja sehingga kita terjebak.

Biasanya ketika anda memilih asuransi anda akan diberikan kesempatan oleh agen untuk membaca dan memahami ketentuan asuransi tersebut selama 14 hari. Dan jika setelah 14 hari anda berubah pikiran makan anda bisa langsung cancel tampa dikenakan denda atau biaya apapun.

# Ketahui Resikonya

Ada banyak resiko ketika memilih asuransi pendidikan, namun yang paling sering terjadi adalah Dalam memilih asuransi, sebaiknya Anda tidak mudah tergoda dengan instrumen yang menjanjikan return yang tinggi. Semakin tinggi return yang ditawarkan, akan semakin tinggi juga risiko yang harus Anda pahami. Untuk menghindari kesalahan, pahami instrumen asuransi yang Anda inginkan dan cari tahu return yang dijanjikan.

#Perhatikan Uang Pertanggungan

Anda harus memperhatikan uang pertanggungan yang tertera dalam polis asuransi, hal ini dilakukan agar ketika orang tua mengalami musibah makan ada asuransi yang melanjutkan pendidikan anak. Orang tua jangan hanya berfokus kepada berapa dana yang bisa ditarik dari asuransi saat anak masuk sekolah.