Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Keuntungan Beli Emas di Lelang Pegadaian

Beli emas di Pegadaian itu untung lho. Banyak yang mengira bahwa Pegadaian hanya untuk menggadaikan barang seperi BPKB mobil, motor, emas, laptop dan lain sebagainya. Namun selain itu Pegadaian juga memiliki suatu program yang namanya lelang.

Pegadaian memang salah satu tujuan bagi orang yang sedang membutuhkan dana dengan menggadaikan barang yang bernilai seperti emas. Emas tersebut dapat diambil atau di tebus kembali sesuai keinginan, namun pihak Pegadaian juga memiliki tenggang waktu sendiri. Nah, jika lebih dari waktu yang di tentukan tidak diambil maka barang tersebut akan dilelang.

Keuntungan Beli Emas Lelang Pegadaian
 
Keuntungan beli emas di Pegadaian (Foto yinuartinukti.com)

Lelang ini terbuka bagi siapa saja yang ingin membeli barang di Pegadaian karena banyak sekali jenis barang yang akan di lelang dan jadwalnya juga tidak menentu, bisa setiap hari atau bahkan 2 minggu sekali tergantung Pegadaian masing-masing daerah.

Aturan lelang di Pegadaian adalah barang lelang akan diberikan kepada penawar dengan nilai tertinggi setelah hitungan ketiga tak ada yang memberikan tawaran lebih tinggi. Setelah barang didapatkan lewat lelang, selanjutnya adalah transaksi dengan penandatanganan dokumen bukti transaksi.

Nah, bagi kalian yang akan membeli emas lewat lelang di Pegadaian tidak ada ruginya, justru untung. Berikut adalah kelebihan jika anda membeli emas di Pegadaian.

1. Harga Lebih Murah

Yap, sudah pasti ya harganya lebih murah karena barang lelang, artinya barang tersebut dilelang karena tidak diambil oleh pemiliknya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Ibarat HP, emas yang dilelang adalah barang second sehingga harganya lebih murah. Anda akan mendapatkan emas lelang jika penawaran anda paling tinggi sesuai dengan aturan lelang di Pegadaian.

Meskipun membeli emas hasil lelang tidak ada ruginya karena jika emas tersebut tidak anda pakai maka bisa anda jual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

2. Banyak Pilihan

Layaknya seperti toko emas yang banyak pilihan mulai dari bentuk hingga kadar gram nya. Di lelang Pegadaian juga memiliki banyak pilihan bentuk dan kadar gram nya. Tetapi perlu anda ketahui bahwa jika emas second pasti ada saja kekurangannya seperti bentuknya tidak utuh lagi atau kadar gram nya sudah berkurang.

3. Bisa Dicicil

Karena anda membeli sistem cicil, tentunya barangnya bisa anda bawa ketika anda sudah melunasi cicilannya. Aturan dari sistem cicilan di Pegadaian ini adalah anda harus membayar uang muka 20% dan sisanya bisa anda bayar secara cicil sesuai dengan tenor waktu yang anda pilih. Tenor waktu yang di sediakan oleh pihak Pegadaian mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan hingga 12 bulan.

4. Tidak Ada Biaya Margin

Tidak ada biaya margin sebesar 2,5% ketika anda membeli emas jenis Antam. Selain itu anda akan dikenakan biaya margin. Misalnya anda membeli emas seharga Rp 5.000.000 maka jika ditambahkan dengan biaya margin 2,5% maka total yang harus anda bayar adalah Rp 5.125.000.