Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Banyak yang Tahu inilah 5 Kerugian investasi Emas Antam

Dibalik keuntungan yang didapat ternyata investasi emas antam berisok rugi. Jika dianalisa setiap keuntungan suatu investasi memiliki kelemahan. Sangat disarankan sebelum terlanjur nyebur di dunia invesatsi emas antam alangah baiknya kita mengetahui secara tuntas, segala resiko kerugian yang akan dihadapi.

Informasi ini bisa membantu femahaman kita bersama terkait seluj beluk investasi emas antam. Ada beberapa poin resiko atau kerugian investasi emas antam yang tidak banyak orang mengetahuinya.
 

Dari sisi kerugian yang berpeluang yaitu terkait keamanan, kemudian nilai pendapatan jika dihitung karena kita tahu pergerakan harga emas masih terbilang lambat. Berikut kerugian investasi emas antam:

Kenaikan harga yang lambat

Meski harga emas yang stabil cenderung aman, tapi harus diakui bahwa emas tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, emas hanya cocok untuk investasi jangka panjang.

Selisih harga beli dan harga jual

Selain itu, ada juga selisih harga beli dan harga jual. Ketika membeli emas, kemudian menjualnya, biasanya akan dikenakan potongan sebesar 5-10%. Itu juga masih harus disesuaikan dengan harga beli dan jual yang berlaku pada hari itu. Kurs harga ini harus diperhatikan dengan baik saat memutuskan untuk membeli atau menjual emas

Harga fluktuatif

Meski cenderung stabil dan mengalami kenaikan walau lambat, kadang harga emas juga mengalami penurunan. Hal ini biasanya tergantung pada kondisi ekonomi negara dan tingkat konsumsi masyarakat.

Risiko Kehilangan

Karena emas berupa barang, maka salah satu kekurangan utamanya adalah risiko kehilangan. Hal ini terutama kalau kamu membeli emas dalam bentuk perhiasan dan memakainya.

Selain hilang karena terjatuh, emas juga bisa hilang karena dicuri orang. Menyimpan emas di dalam rumah juga tidak aman dari risiko ini. Hal aman yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko ini adalah apabila kamu mengambil tabungan emas atau kredit emas, karena emasnya bisa dititipkan kepada pihak penyedia jasa sehingga keamanannya terjamin.