Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHATIKAN ! inilah Beberapa Masalah yang Akan anda Hadapi ketika Kredit Rumah

Memiliki sebuah rumah memang menjadi keinginan semua orang, sehingga membeli rumah KPR menjadi salah satu solusi bagi mereka yang memiliki penghasilan yang tidak terlalu besar. Dengan membeli rumah sistem KPR maka anda bisa membeli rumah dengan sistem cicil dan besaran cicilan tersebut tergantung pada tenor dan jumlah DP yang anda berikan.

Banyak yang berfikir membeli KPR cukup ke bank dan mengajukan kredit rumah, namun sebenarnya ada beberapa masalah atau kerumitan yang dihadapi ketika mengajukan atau bahkan sudah diterima oleh bank. Berikut adalah masalah-masalah tersebut.

TIDAK ADA SLIP GAJI

Ketika mengajukan KPR pasti ada syarat menyertakan slip gaji, meskipun hanya slip gaji tetapi ternyata ini menjadi salah satu masalah banyak orang karena tidak memiliki pekerjaan tetap, bagi mereka yang berstatus PNS atau karyawan tetap ini tidak menjadi masalah, lalu bagaimana dengan yang tidak memiliki slip gaji?

Nah, bagi yang tidak memiliki slip gaji maka anda bisa menyertakan buku tabungan yang berisi transaksi gaji anda atau bagi anda yang memiliki sebuah usaha bisa membuat gertakan surat izin berdiri ya usaha, biasanya pihak bank akan menerimanya jika usaha anda sudah berdiri minimal 2 tahun.

PENGAJUAN DITOLAK

Ada banyak alasan mengapa pengajuan KPR anda ditolak misalnya gaji anda kurang , kurangnya persyaratan atau anda kurang meyakinkan pihak bank ketika interview. Ketika pengajuan anda ditolak maka booking fee anda akan hangus begitu saja, namun jika anda sebelumnya ada perjanjian dengan developer tentang pengembalian DP atau booking fee ketika pengajuan anda ditolak itu tidak menjadi masalah.
 

BUNGA TINGGI

Ini menjadi masalah karena akan berkaitan dengan jumlah cicilan. Bank biasanya akan memberikan sistem bungan tetap dan anuitas, sedangkan untuk bunga efektif sangat jarang digunakan. Bunga tetap merupakan bunga yang telah ditentukan dan tidak berubah sampai akhir pelunasan sedangkan untuk bunga anuitas adalah bunga yang tidak tetap tergantung pada BI yang berlaku.

MENUNGGAK CICILAN

Menunggak cicilan memang menjadi hal yang umum terjadi karena tidak semua orang yang mengambil KPR adalah orang yang mampu, tetapi ada juga orang yang kurang mampu mengambil KPR karena demi mendapatkan hunian yang nyaman.

Biasanya orang yang menunggak adalah mereka yang memiliki banyak kebutuhan atau pengeluaran tetapi tidak seimbang dengan pemasukan sehingga uang tidak cukup untuk membayar cicilan rumah. Ingat bahwa akan ada denda yang dihitung perhari ketika anda telat membayar cicilan, jika anda tidak mampu lagi untuk membayar cicilan lebih baik anda melakukan take over atau menjual rumah ke pihak lain daripada rumah anda nanti di sita oleh pihak bank.