Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengajukan Penurunan Bunga KPR dan Syaratnya

Banyak sekali debitur yang resah ketika kondisi pasar bunga menurun tetapi bunga cicilan KPR tetap saja besar. Biasanya tren bunga ini akan menurun ketika kondisi ekonomi dan inflasi membaik. Sebenarnya ini menjadi kabar baik bagi debitur yang berharap bunga cicilan nya akan turun.

Nah, jika kalian mengalami hal tersebut maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mengajukan permohonan penurunan bunga KPR, tentu hal ini tidak mudah dilakukan karena anda harus memenuhi syarat dan prosedur agar permohonan anda dikabulkan oleh pihak bank.

SYARAT PERMOHONAN

Fotocopy Kartu Keluarga

Fotocopy KTP

Fotocopy NPWP

Fotocopy surat nikah (jika ada)

Fotocopy surat PHK (jika ada)

Buku Tabungan
 

PROSEDUR PENGAJUAN

Pertama anda harus datang langsung ke bank yang memberikan anda KPR, setelah sampai di bank isi formulir permohonan penurunan bunga KPR, lalu berikan  ke bank formulir yang telah anda isi beserta syarat yang telah anda persiapkan.

Kedua anda akan di wawancara kembali mengenai permohonan anda, biasanya wawancara ini akan berkaitan dengan alasan anda mengajukan permohonan. Setelah wawancara selesai maka pihak bank akan menganalisis berdasarkan jawaban anda ketika wawancara. Kemungkinan yang akan terjadi setelahnya adalah permohonan anda diterima atau si tolak. Biasanya permohonan akan ditolak ketika anda sering menunggak pembayaran.

Ketiga akan ada keputusan dari pihak bank mengenai permohonan anda, biasanya ada 3 jawaban yang akan diberikan oleh pihak bank yaitu permohonan akan diterima, permohonan di tolak atau bahkan anda akan disarankan untuk take over karena kemungkinan anda tidak mampu lagi membayar cicilan. Jika permohonan anda diterima biasanya bunga akan turun 0,5% selama 1 tahun.