Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Langkah Sebelum Membeli Rumah agar Tidak Tertipu

Membeli rumah menjadi pilihan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat dibandingkan dengan membangun rumah, selain karena waktunya yang lebih lama, kemungkinan besar biaya yang dipersiapkan juga lebih banyak. Namun hati-hati jika anda membeli rumah melalui Developer karena banyak kasus penipuan yang dilakukan.

Biasa orang yang memilih developer untuk membeli rumah karena prosesnya lebih cepat dan dan lebih praktis. Selain itu, jika anda membeli rumah melalui developer anda bisa mengajukan KPR ke pihak bank, Sehingga anda dapat membayar sesuai dengan kemampuan keuangan yang anda miliki.

Kemudahan dalam membeli rumah harus ada berbagai pertimbangan sehingga apa yang anda beli tidak sia-sia. Berikut adalah pertimbangan yang harus anda fikirkan sebelum membeli rumah.

SURVEI LOKASI

Jangan sampai anda membeli rumah terburu-buru atau tergoda dengan harga rumah yang murah. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan besar anda akan mengalami penyesalan dikemudian hari. Biasanya jika ada developer yang menawarkan harga murah, karena lokasinya yang kurang strategis atau di pinggir kota. Namun sebenarnya di pinggir kota pun tidak masalah asal dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit.

Hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan adalah apakah lokasi tersebut rawan bencana atau tidak karena anda akan menepati rumah ini dalam jangka waktu yang lama jadi yang paling utama adalah kenyamanan ketiga tinggal di rumah tersebut.
 

SPESIFIKASI RUMAH

Nah fungsi lain dari survei lokasi adalah anda melihat apakah spesifikasi bangunan yang ditawarkan sesuai dengan yang dijanjikan atau tidak. Jangan lupa untuk pastikan kualitas material yang digunakan ketika membangun rumah tersebut agar rumah yang anda tempati nantinya berdiri dengan kokoh. Hal penting lainnya jangan lupa cek aliran airnya karena air merupakan kebutuhan utama rumah tangga, jadi jangan sampai anda nanti susah mendapatkan air.

FASILITAS

Biasanya di perumahan menyediakan fasilitas umum seperti tempat ibadah, kolam renang, taman dan lain sebagainya. Semua ini harus anda pastikan. Fasilitas ini memang tidak semua perumahan menyediakan nya, namun jika anda ingin seperti itu anda juga bisa memilih sesuai dengan keinginan.

CEK SURAT PERIZINAN

Hal ini sangat penting sekali ketika anda akan membeli rumah, pastikan bahwa ada surat izin atas pembangunan perumahan tersebut dan pastikan juga jika masing-masing bangunan rumah tersebut sudah memiliki sertifikat karena ditakutkan ketika anda sudah membayar lunas rumah, anda tidak mendapatkan sertifikat karena belum pecah dari induknya.

HARGA

Membeli rumah memang harus sesuai dengan kemampuan finansial, jadi anda bisa melakukan survei di beberapa perumahan untuk membandingkan harga. Jika anda membeli rumah KPR maka anda harus memahami bahwa harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan cash. Namun tidak ada salahnya meskipun harga lebih mahal karena saat itu anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar cash, KPR juga merupakan salah satu solusi untuk membeli rumah tanpa harus memiliki uang banyak.

KENALI DEVELOPER

Jangan mudah percaya dengan orang lain apalagi jika ini masalah uang yang banyak, belajarlah dari banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh developer. Jadi pastikan developer memiliki reputasi yang bagus. Tips aman lainnya adalah hindari membeli rumah hanya gambarnya saja atau masih belum di bangun, setidaknya rumah yang akan anda beli sudah 50% atau sudah siap huni, hal ini juga untuk menghindari penipuan.