Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Kredit yang Ditawarkan Bank untuk Modal Usaha

Banyak sekali masyarakat yang melakukan kredit di bank, krena selain pengajuannya mudah, melakukan kredit di bank lebih cepat cair. Namun tentunya bank memiliki kriteria tertentu untuk calon krediturnya yang artinya tidak semua orang dapat melakukan pinjaman ke bank.

Biasanya orang yang melakukan pinjaman ke bank dengan beberapa alasan, misalnya karena akan mendirikan usaha, atau bahkan sedang membutuhkan dana yang banyak untuk keperluan yang darurat seperti akan melakukan operasi.
 

Berikut adalah jenis kredit yang diberikan oleh bank yang bisa anda gunakan sebagai modal usaha atauy ang lainnya.

KARTU KREDIT

Jenis kredit yang satu ini menjadi salah satu kredit yang paling favorit, karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya, selain itu tidak perlu ada survey lokasi untuk meyakinkan pihak bank apakah kamu dapat membayar tagihan kartu kredit tersebut atau tidak, karena pengajuan kartu kredit ini melihat dari apa profesi anda. Yang membuat kartu kredit ini lebih mudah lagi karena banyak jenis kartu kredit yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan kita, mulai dari limit paling bawah sampai yang paling atas.

Cara kerja kartu kredit ini adalah anda akan mendapatkan tagihan setelah anda menggunakan krtu tersebut untuk keperluan seperti belanja, wisata, pembayaran hotel dan lain sebagainya. Kartu kredit ini harus anda bayar tagihannya setelah tigihan itu terbit. Perlu anda ingat lagi bahwa setiap kemudahan pasti ada resikonya, jika anda telat membayar tagihan kartu kredit maka anda akn mendapatkan bunga akumulatif atau denda. Jumlah dari denda atau bunga tersebut tergantung pada masing-masing bank.

KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)

Jenis kredit ini khusus untuk nasabah yang akan melakukan pinjaman untuk usaha atau untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi. Setelah anda mengajukan kredit ini maka usaha anda akan di surve oleh pihak bank untuk dinilai kelayakan dari usaha anda. Untuk pinjaman ini anda harus memiliki jaminan seperti sertifikat rumah/tanah, BPKB kendaraan atau yang lainnya. Jaminan tersebut akan dilelang oleh pihak bank ketika anda tidak mampu lagi membayar cicilan kredit, jadi jaminan tersebut untuk melunsi sisa hutang anda.

KREDIT REKENING KORAN (KRK)

Jenis kredit ini juga membutuhkan jaminan/angunan. Tetapi bedanya dari KUR adalah anda hanya perlu membayar bunga untuk dana yang anda pakai saja. Misalnya anda meminjam uang di bank sejumlah 200 juta, namun yang anda pakai hanya 75 juta. Maka bunga yang anda bayar adalah yang anda pakai atau bunga dari 75 juta tersebut.

KREDIT TANPA ANGUNAN (KTA)

Pinjaman jenis KTA ini salah satu solusi bagi anda. Jenis pinjaman ini tidak memerlukan angunan atau jaminan tetapi bank juga memiliki syarat dan ketentuannha masing-masing. Mengenai syarat dan ketentuanya anda bisa langsung tanyakan ke pihak bank tempat anda akan mengajukan pinjaman KTA ini.

KREDIT INVESTASI

Jenis kredit ini khusus lagi mereka yang merupakan pelaku usaha. Misalnya bagi mereka yang akan berinvestasi untuk membeli tanah atau ruko. Jangka waktu untuk pengembalian kredit ini bisa sampai 10 tahun dan tentunya lebih banyak juga bank yang menawarkan jenis kredit ini.