Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fungsi Rekening Koran dan Kegunaannya

Apakah anda sering mendengar istilah rekening koran? Sudah pasti anda tidak asing lagi dengan istilah ini karena rekening koran seringkali digunakan untuk pelengkap dokumen pada keperluan tertentu.

Contoh kegunaan rekening koran pada beberapa keperluan seperti saat kita akan  melakukan pengajuan pinjaman pasti membutuhkan yang namanya rekening koran, Kredit kendaraan atau rumah dan lain sebagainya. Jadi rekening koran didapatkan dari bank terkait.

Lalu apa arti rekening koran dan apa fungsi nya? Rekening koran merupakan catatan semua transaksi yang telah dilakukan oleh nasabah baik itu transaksi debit maupun kredit pada periode tertentu. Biasanya saat akan print (cetak) rekening koran umumnya bisa dilakukan 3 bulan atau 6 bulan. Ada juga orang mencetak rekening koran untuk keperluan hukum sebagai bukti validasi transaksi atas suatu kasus.
 


Sebenarnya rekening koran ini bisa anda cetak melalui online dan hampir semua bank sudah memiliki fasilitas ini. Jadi anda tidak perlu datang ke bank lagi, hanya dengan masuk ke m-banking anda sudah bisa mendownload semua transaksi yang telah anda lakukan.

Fungsi dan Kegunaan Rekening Koran

Biasanya orang yang mencetak rekening koran ini karena berbagai alasan seperti pengajuan pinjaman seperti yang sudah dijelaskan diatas, pengajuan KPR dan lain sebagainya. Nah untuk lebih jelasnya tentang fungsi dari rekening koran tersebut berikut ulasannya:


1. Untuk mengetahui Riwayat Transaksi.

Dengan melakukan cetak rekening koran maka anda akan mengetahui secara detail transaksi yang telah dilakukan. Seperti informasi saldo, debit dan kredit, bunga bank dan biaya administrasi. Selain itu juga anda akan mengetahui waktu dan tanggal setiap transaksi yang dilakukan dan bahkan pesan yang dicantumkan ketika transaksi juga ada.

2. Untuk mengajukan Pinjaman.

Biasanya rekening koran ini dibutuhkan ketika Anda akan mengajukan pinjaman seperti KPR (Kredit Perumahan Rakyat), KTA (Kredit Tanpa Angunan). Sebenarnya bukti rekening koran ini berfungsi untuk melihat bahwa anda memiliki transaksi yang sehat dan tentunya untuk melihat kemampuan anda untuk membayar pinjaman tersebut. Rekening koran ini berguna bagi mereka yang tidak memiliki slip gaji seperti pegawai negeri sehingga rekening koran ini sebagai penggantinya.

3. Untuk membuat Visa.

Apakah anda adalah orang yang sering bepergian ke luar negeri? Nah tentunya anda membutuhkan yang namanya Visa, meskipun ada beberapa negara juga yang hanya membutuhkan paspor. Salah satu pembuatan Visa tersebut adalah anda harus memiliki rekening koran untuk melihat kemampuan finansial anda. Syarat lainnya untuk pengajuan Visa adalah seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

4. Untuk mengikuti Lelang.

Ketika anda mengikuti lelang milik swasta atau pemerintah tentunya anda harus memiliki dana yang cukup untuk pelelangan tersebut. Dan syarat ikut pelelangan adalah dengan cetak rekening koran, dengan adanya rekening koran maka semua informasi tentang keuangan anda akan terlihat.

5. Untuk audit Keuangan.

Biasanya audit keuangan ini diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk melihat semua transaksi yang terjadi, sehingga jika ada penyelewengan dana maka akan langsung bisa diketahui dan di proses.