Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Mana Kartu Kredit Visa atau Mastercard? Simak Perbedaan fitur nya

Perbedaan kartu kredit Visa dan Mastercard mungkin anda sering melihatnya karena perbedaan logo yang mencolok yang terletk di bagian bawah sebelah kanan kartu. Kegunaan dari kedua kartu ini adalah sama-sama memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan transaksi non tunai di seluruh dunia.

Kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit Visa maupun Mastercard yaitu banyak kerjasama dengan merchant di seluruh dunia. Meskipun kegunaan keduanya sama namun sebenarnya mereka bersahing dalam memberikan fasilitas unggulan bagi nasabahnya.
 

Perbedaan Fitur Kartu Kredit Visa Dengan Mastercard 

Fakta membuktikan, Visa mendominasi pasar dengan banyaknya transaksi dalam setahun. Tetapi MasterCard pun juga unggul dari segi pemasaran transaksi kartu kredit.

Bagi kalian yang ingin apply kartu kredit, dan ingin menggunakan fitur-fitur unggulan darisalah satunya maka harus kalian ketahui perbedaan antara keduanya.

KARTU KREDIT VISA

Visa Signature: orang yang memiliki kartu kredit ini tidaklah sembarangan karena penggunanya adalah orang-orang yang sudah terkenal dalam bidang usah artinya hanya orang yang dinilai eksklusif yang bisa mendapatkan jenis kartu ini. Sebelum membuat kartu ini maka anda akan dinilai seperti deposito, investasi, rekening koran, rekening tabungan, dll yang berhubungan dengan kekayaan Anda.

Fasilitas yang diberikan kartu kredit visa pun sangat bervariasi, mulai dari Airport Lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, special travel Dan Masih banyak lainnya. Limit yang diberikan untuk jenis kartu ini bisa mencapai 100 juta dan bahkan tak terhingga

Visa Infinite: Pengguna jenis kartu kredit ini juga tidak sembarangan orang atau tidak untuk umum, karena untuk membuat kartu kredit ini anda harus memiliki aset 1 milyar rupiah tunai. Semakin banyak atau besar harta yang anda miliki maka limit yang bisa anda terima akan semakin besar pula, biasanya limit yang diberikan oleh kartu kredit ini adalah 50 juta hingga tak terbatas.

Fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini adalah asuransi perjalanan, travel assist, hingga special priority pass, yaitu kemudahan yang diberikan ketika berhadapan dengan petugas imigrasi di airport hamper seluruh dunia.

Visa Classic: Jenis kartu ini berbeda dengan jenis kartu kredit Visa lainnya karena memiliki limit yang paling rendah yaitu hanya 5 juta saja untuk transaksi seperti belanja.

Visa Gold: Limit transaksi untuk Visa Gold ini hingga mencapai 100 juta, meskipun tidak semua bank memberikan limit 100 juta, jadi berbeda bank maka akan berbeda pula jumlah limitnya Visa Gold ini juga lebih eksklusif, karena banyak fitur yang bisa dimanfaatkan para pengguna kartu kredit Visa Gold. Misalnya saja, diskon di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan kartu kredit tersebut.

Visa Platinum: Pengguna dari kartu kredit ini adalah pelaku bisnis yang memilih untuk menggunakan kartu kredit ini untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalankan. Pengguna kartu kredit Platinum ini harus memiliki pendapatan minimal 25 juta karena untuk limit transaksinya 75 juta hingga tak terbatas.

KARTU KREDIT MASTERCARD

Tidak mau kalah dengan Visa, Mastercard juga menawarkan berbagai jenis kartu kredit diantaranya adalah sebagai berikut:

World Mastercard: Pengguna jenis kartu kredit ini harus memiliki standar yng sama seperti Visa Infinite, minimum penggunaan kartu kredit ini dalam setahun adalh 75 juta, jika anda melakukan transasi di bawah 75 juta maka anda akan dikenakan biaya tahunan atau bulanan, biaya ini tergantung pada masing-masing bank penerbit. Jika anda menggunakan kartu ini maka anda akan mendapatkan berbagai kemudahan seperti ketika akan melakukan reservasi, di airport dan lain sebagainya.

World Elite MasterCard: Kartu ini merupakan jenis kartu kredit tertinggi yang dikeluarkan oleh MasterCard. Jika nda memiliki kartu ini maka anda akan merasakan berbagai kemudahan seperti reservasi hotel, restoran mewah dan masih banyak lagi lainnya. World Elite masterCard ini dilengkapi dengan keamanan fitur identity theft resolusition service.

MasterCard Classic: Jenis kartu ini sama halnya dengan Visa yang Classic karena memberikan limit yang sama yaitu 5 juta yang merupakan nominal terendah. Syarat penghasilan bagi penggunanyanya juga tidak terlalu tinggi yaitu minimal UMR atau 50 juta per tahunnya.

MasterCard Gold: Pengguna kartu kredit ini akan difasilitasi dengan limit yang tinggi yaitu hingga 100 juta namun perlu anda ingat bahwa iuran bulanannya juga tinggi, besaran iuran bulanan ini juga tergantung pada masing-masing bank penerbit kartu kredit. Untuk membuat kartu ini syarat penghasilan yang harus dimiliki sama seperti MasterCard Classic.

MasterCard Platinum: Ini merupkan jenis kartu kredit paling tinggi yang dimiliki oleh MasterCard karena kartu ini menawarkan banyak fitur bagi nasabhnya sehingga akan membuat penggunanya lebih nyaman karena ketika berbelanja nasabahnya akan mendapatkan berbagai diskon dan point’ yang dapat ditukarkan dengan hadiah besar promo menarik. Batas limit kredit krtu ini adalah 75 juta hingga tak terbatas yang tentunya disesuaikan dengan pengguna kartu jenis ini.