Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat dan Kegunaan kartu Kredit Bagi pemegang kartu kredit

Sebenarnya apa sih Manfaat kartu kredit ? Apa kegunaan nya? Itulah pertanyaan yang sering muncul ketika kita belum mengetahui tentang kartu kredit. Terkadang kita diasumsikan bahwa kalau punya kartu kredit itu enak bisa bebas hambatan untuk belanja. Namun disatu sisi kadang pula kita mendengar seseorang banyak utang yang disebabkan oleh kartu kredit.

Lalu apa kah manfaat sebenarnya kartu kredit? Kegunaannya apa saja? Kenapa banyak yang mengeluh bengkak nya utang pada kartu kredit yang ia pegang? Kalau demikian mengapa masih ada yang mau memakai kartu kredit ini?

Fungsi utama ketika kita punya kartu kredit memang jadi alat pembayaran meskipun kita tidak punya uang. Nah setiap pembayaran tersebut di cover oleh bank yang mengeluarkan kartu kredit kita dengan sisitem hutang, kemudian kita akan membayar sesuai nilai atau piutang kita pada tanggal tertentu. Memang sangat dianjurkan kalau punya kartu kredit harus bijak menggunakan nya, jangan sampai utang tidak terkontrol, gunakan kartu kredit anda sebaik mungkin dengan hemat belanja.

Manfaatkan Fitur Kartu Kredit Agar Semakin Hemat
 

Semakin lama pengguna kartu kredit semakin banyak, hal ini tidak terlepas dari manfaat atau fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing bank penerbit. Banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang menggunakan kartu kredit pasti orang-orang yang memiliki sifat boros, namun anggapan ini menurut saya salah jika penggunanya membuat kartu kredit sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran kartu kredit anda agar tidak boros, jadi jangan sampai anda melewatkan penawaran menarik dari kartu kredit anda. Berikut adalah fitur penghemat pengeluaran kartu kredit.

1. Voucher Belanja

Voucher belanja seperti ini pasti paling disenangi oleh ibu-ibu karena meskipun belanja banyak tapi pengeluaran tetap sedikit. Voucher belanja ini biasanya tersedia di supermarket yang sudah bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit.

Meskipun berbelanja di supermarket lebih mahal dibandingkan dengan pasar tetapi anda bisa menggunakan voucher ini untuk berhemat. Voucher ini digunakan untuk berbelanja selanjutnya dan tentunya memiliki limit waktu tertentu jadi anda harus mengatur waktu berbelanja selanjutnya agar bisa mendapatkan potongan harga dari voucher tersebut.

2. Ada Point Ada Reward

Biasanya anda akan mendapatkan poin setelah anda berbelanja, semakin banyak belanja maka poin anda juga akan semakin banyak. Jadi poin ini nanti bisa anda tukarkan untuk mendapatkan reward asalkan pointnya sudah mencapai jumlah tertentu.

Reward yang bisa anda rasakan adalah seperti voucher makan, hotel, belanja dan lainnya. Perlu anda ingat juga bahwa reward ini memiliki waktu limit jga jadi selalu cek masa expired voucher anda, karena jika sudah expired maka reward tersebut tidak dapat digunakan lagi.

3. Cicilan 0%

Jika anda menginginkan suatu barang tapi belum memilki cukup uang maka anda bisa memanfaatkan kartu kredit dengan cicilan 0% yang artinya anda tidak membayar bunga sepeserpun dari kredit anda. Namun perlu diingat bahwa cicilan ini hanya berlaku untuk kredit yang jangka waktunya satu tahun saja atau 12 bulan.

Jika lebih dari masa yang ditentukan maka anda akan dikenakan suku bunga yang besarnya tergantung pada masing-masing bank. Untuk mengambil barang cicilan ini anda harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan anda agar cicilannya tidak macet.

4. Mendapatkan Harga Khusus

Harga ini akan didapatkan pada merchant tertentu yang sudah bekerja sama dengan bank. Jika anda berbelanja dengan jumlah tertentu maka anda akan mendapatkan harga spesial dan bahkan dapat berhemat hingga ratusan ribu rupiah. Harga spesial ini hanya berlaku jika anda membayar belanja dengan menggunakan kartu kredit, perlu diingat juga bahwa harga khusus ini juga ada masa expired dan memiliki syarat dan ketentuan.

5. Penukaran Mata Uang Lebih Murah

Jika anda adalah orang yang hobi traveling ke luar negeri dan suatu saat anda kehabisan mata uang negara tersebut maka anda tidak perlu bingung dan khawatir karena dengan kartu kredit anda dapat menukarkan mata uang asing dengan jumlah berapapun. Untuk penukaran mata uang asing ini anda akan dikenakan biaya tambahan yang tentunya masih terjangkau bagi traveler.