Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gak Usah Panik, ini Tips Mengatasi Kartu Kredit yang Dibobol

Pembobolan kartu kredit bukan hal yang baru lagi karena sudah banyak kasus yang terjadi menimpa pengguna kartu kredit. Pembobolan ini dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan cara mencuri kartu kredit dari pemiliknya dengan berbagai cara dan bahkan ada yang menggunkan cara hipnotis untuk mendapatkan kartu kredit tersebut.

Jadi sebelum ada kejadian seperti ini anda harus tau cara mengatasinya agar kartu kredit anda tetap aman meskipun kartu kredit anda sudah dibobol atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tips pertama Jangan Panik

Merasa panik ketika kehilangan sesuatu tentunya sangat wajar apalagi jika berkaitan dengan uang, tetapi usahakan tetap tenang agar anda dapat berfikir secara jernih dan dapat menemukan solusi apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ketika anda tetap tenang maka anda dapat menginat kejadian ketika kartu kredit anda hilang sehingga keterangan anda nanti dapat digunakan untuk penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan pelakunya. Hal penting lainnya yang harus anda ingat adalah tanggal, waktu dan tempat kejadian.
 


Tips kedua adalah Call Center

Jika kamu mengalami pembobolan atau pencurian pada jam tertentu maka anda langsung call center bank penerbit kartu kredit anda karena biasanya untuk call center ini dapat dihubungi kapan saja alias 24 jam. Dengan melakukan call center maka anda akan mendapatkan solusi untuk selanjutnya dan jangan lupa informasikan jumlah nominal transaksi terakhir yang anda lakukan karena jika ada transaksi di luar yang anda laporkan maka dapat dipastikan itu adalah ulah dari pembobol dan transaksi itu nanti tidak dibebankan kepada anda.

Tips ketiga Blokir via M-banking

Jadi ketika anda akan membuat kartu kredit maka anda harus memilih bank yang memberikan fasilitas untuk pemblokiran kartu kredit dengan m-banking hal ini untuk melakukan pencegahan secara cepat ketika kartu kredit anda terbobol dan anda tidak perlu mendatangi bank untuk melakukan pemblokiran karena bisa anda lakukan sendiri dengan m-banking. Keakuratan dan keamanan bisa dipastikan terjamin karena bank pada umumnya sudah menggunakan sistem keamanan yang canggih untuk menjamin data-data nasabah.

Tips Keempat Ajukan Sanggahan

Melakukan sanggahan dengan melampirkan surat. Surat sanggahan ini sangat penting untk menolak transaksi yang tidak anda lakukan. Jadi ketika anda tidak mengajukan surat sanggahan maka transaksi yang tidak anda lakukan akan dibebankan kepada anda. Jadi luangkan waktumu untuk mengajukan surat sanggahan ini ke bank karena waktu sanggahan ini memiliki batas waktu.

Tips kelima Buat kartu kredit Baru

Semua yang mengalami kehilangan pada akhirnya akan membuat yang baru apalagi anda adalah orang yang sangat membutuhkan kartu kredit. Penggantian bisa dilakukan dengan mendatangi kantor pusat atau cabang, bahkan via telepon agar lebih praktis, tapi hasilnya tetap sama. Untuk pembuatan kartu kredit yang baru ini anda akan dikenakan biaya 50.000 hingga 75. 000 yang akan langsung dibebankan pada kartu kredit anda.