Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Perbedaan Visa dan Mastercard yang Sering kita Jumpai di Kartu ATM

Visa dan Mastercard seperti provider kembar tapi beda karena memiliki kesamaan yang memberikan kemudahan bagi penggunanya, yaitu dengan satu kartu maka anda dapat menggunakannya kapanpun dan di manapun.

Logo Visa dan Mastercard biasanya terletak di sebelah kanan bawah kartu anda, kedua provider ini memungkinkan bank untuk dapat menerbitkan kartu kredit yang dapat berlaku di semua merchant yang berlogo Visa dan Mastercard.
 

Perbedaan VISA dan Mastercard

Mungkin sebagian dari anda pernah membuat kartu kredit, dan pertanyaan yang pasti ditanyakan adalah anda akan membuat kartu kredit Visa atau Mastercard? 

Nah, agar kalian nanti tidak bingung ketika akan membuat kartu kredit, berikut adalah ulasan tentang perbedaan keduanya agar anda mengetahui kelebihan dari masing-masing provider tersebut, sehingga dapat memutuskan pilihan yang tepat.

PERUSAHANNYA

Perbedaan yang pertama ini tentu sangat jelas sekali terlihat ketika anda membaca namanya karena memang sudah berbeda. Kedua provider ini adalah provider kartu kredit terbesar di dunia, jadi keduanya tentunya bersaing dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabahnya.

Perlu anda ketahui bahwa perusahaan yang menerbitkan Visa adalah Visa International Service Association (Visa. INC) Yang berada di Foster City, California yang berdiri pada tahun 1955. Sedangkan perusahaan yang menerbitkan Mastercard adalah Mastercard Worldwide yang berlokasi di Purchase, New York yang berdiri sejak 1966.

JENIS KARTU

Provider Visa memiliki jenis kartu yaitu Visa Signature, Visa Infinite, Visa Classic, Visa Hold Dan Visa Platinum. Sedangkan untuk Mastercard memiliki jenis kartu yaitu World Mastercard, World Elite Mastercard, Mastercard Classic, Mastercard Hold Dan Mastercard Platinum. Untuk popularitas Visa lebih di kenal di daerah Asia sedangkan untuk Mastercard dikenal di wilayah Amerika dan Eropa.

BIAYA TRANSAKSI

Menggunakan kedua provider ini untuk melakukan transaksi maka akan dikenakan biaya tambahan. Untuk pengguna Visa akan dikenakan biaya 1% dari jumlah transaksi anda. Sedangkan untuk Mastercard akan dikenakan biaya 0.2 % hingga 1% dari jumlah transaksi dan bergantung pada merchant nya.

KEAMANAN

Keamanan yang diberikan oleh kedua provider ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melindungi nasabahnya dengan menggunakan caranya masing-masing.

Untuk Visa keamanan yang diberikan adalah dengan pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela Verified by VISA. Dengan cara ini, kartu kredit Anda lebih terproteksi. OTP akan dikirimkan pada saat Anda hendak melakukan transaksi ke nomor telepon genggam yang Anda daftarkan.

Sedangkan Mastercard menawarkan keamanan nasabahnya dengan Secure code merupakan kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online. Pin tersebut dibuat oleh Anda sendiri secara online.