Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Ciri-ciri Penipuan Pinjaman online

Hai sobat ransidit, berhati-hati lah dengan promosi yang menawarkan pinjaman online karena sudah banyak yang menjadi korban oleh oknum yang sengaja melakukan kejahatan dengan kedok pinjaman online. Kasus penipuan pinjaman online bisa menimpa siapa saja tanpa terkecuali.

Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri penipuan pinjaman online agar kerabat, teman kita tidak menjadi korban, setidaknya ada wawasan atau pengetahuan yang perlu dibagikan sehingga tidak ada celah untuk para penipu pinjaman online tersebut.

Ciri-ciri Penipuan Pinjaman Online
 
Ditengah sulitnya keuangan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari membuat kita tergiur dengan tawaran pinjaman online dengan iming-iming tertentu, misalnya bunga rendah, ditawarkan bisa pinjam uang dalam jumlah besar dan lain sebagainya. Namun siapa sangka harapan mendapatkan pinjaman malah berujung penipuan. Sungguh membuat kita merana.

Penipuan pinjaman online terjadi disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat terhadap promosi, Tidak memahami sistem pinjaman, logika kurang nalar. Orang terjebak penipuan pinjaman online sudah bisa kita tebak dengan mengetahui ciri-ciri nya, berikut ulasannya:

1. Minta Transfer Uang diawal

Ciri utama penipuan pinjaman online adalah meminta uang terlebih dahulu. Biasanya alasan nya untuk administrasi tetek bengek. Jika sudah seperti ini maka 1000 % itu Penipuan. Masa kita mau pinjam uang disuruh transfer duluan, kan Tidak sesuai Logika.

2. Menawarkan Pinjam Tanpa Batas

Jika kita perhatikan setiap pelaku penipuan pinjaman online mempromosikan melayani pinjaman puluhan hingga ratusan juta, Inikan aneh ! Masa iya pinjaman online bisa melayani pinjaman ratusan juta? Sudah pasti itu penipuan, karena ujungnya minta transfer duluan.

3. Memberikan Foto Bukti Transaksi BOHONG

Setiap penipuan pinjaman online selalu memberikan foto atau screenshot hasil transaksi transfer, Jangan percaya karena itu semua BOHONG, foto atau gambar itu hasil editan dan bisa dibuat sesuka hati melalui Leptop.

4. Mengatas Namakan Lembaga lain

Penipuan pinjama online dalam menjalankan aksinya selalu memakai lembaga resmi. Bahkan alamat kantor sering dibuat di Google Maps agar bisa mengelabui korban. Contohnya yang populer oknum penipuan pinjaman online adalah Pinjaman KSP Anugerah, Pinjaman Indo Finance, KSP Syariah dll.

5. Perhatikan Kontak Person nya

Oknum penipuan pinjaman online sudah pasti tidak memiliki nomor kantor, karena ilegal. Jika pun mereka menampilkan alamat kantor dan nomor Tlp kantor di Google Map itu sebenarnya bohong, kebanyakan oknum penipuan pinjaman online memakai nomor HP untuk melancarkan aksinya.

6. Sebar Iklan Target Langsung Chat WA

Setiap penipuan pinjaman online selalu melakukan promosi di sosial media dan Sebar SMS. Perhatikan ciri iklan mereka adalah mengarahkan langsung ke Chat WA. Kalau di Instagram dan Facebook mungkin hampir setiap hari kita temukan iklan penipuan pinjaman online.

Kadang di sms kita jumpai promosi Penipuan Pinjaman online, dengan menampilkan kontak person atau disuruh klik Link dan diarahkan ke Chat WA. Pola penipuan ini sebetulnya mudah difahami asal logika kita mampu berfikir.

Ciri penipuan pinjaman online diatas sangat valid dan bisa dibuktikan, 6 ciri tersebut sebagai acuan agar kita terhindar dari Penipuan pinjaman online. Jika sudah tertipu maka kecil kemungkinan uang kita kembali. Yang pasti segera bagikan informasi ini agar korban tidak bertambah, terutama para pelajar / mahasiswa jangan sampai tertipu.

Cara menipu pinjaman online
Ksp online penipu
Cara melaporkan penipuan pinjaman online
Ksp eccindo penipuan online
Penipuan pinjaman online ksp sejahtera bersama 
Ciri-ciri pinjaman online yang aman
Penipuan pinjaman online lewat sms
Pinjaman online penipuan asia finance
Pinjaman online resmi ojk