Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara terbaik mengatasi tunggakan Pinjaman bank

Cara mengatasi tunggakan Pinjaman bank
Menunggak pinjaman di bank adalah suatu hal yang tidak diinginkan oleh semua nasabah, ketika setoran pinjaman bank kita terjadi tunggakan tentu akan membuat pusing dan gundah gulana. Bagaimana cara terbaik mengatasi tunggakan pinjaman bank tersebut? Setiap bank memberikan pinjaman ke nasabah sudah pasti kita di wajibkan untuk dibayar angsuran setiap bulan.

Fakta di lapangan permasalahan tunggakan pinjaman adalah hal biasa karena disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak diinginkan. Walaupun menunggak cicilan kita harus tanggung jawab, karena pada saat kita diberikan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan, kita wajib untuk membayar cicilan setiap bulan tepat pada waktunya.

Mengatasi Tunggakan Pinjaman Bank

Nasabah sudah berkomitmen membayar angsuran hingga lunas, namun di beberapa kasus yang terjadi ada pula yang terpaksa menunggak karena sejumlah alasan mendesak. Nah Cara terbaik mengatasi tunggakan Pinjaman bank adalah sebagai berikut

1. Memakai Jasa Mediasi

Ketika kita memiliki masalah dengan tunggakan pinjaman bank, dapat meminta bantuan secara hukum melalui jasa mediasi keuangan. Jasa mediasi ini akan membantu kita mendapatkan solusi terbaik tentang tunggakan cicilan ataupun masalah gagal bayar. Jasa medasi yang paling tepat anda pilih yaitu Badan Arbitrase dan Mediasi Penjaminan Indonesia (BAMPI).

BAMPI adalah lembaga yang paling kompeten membidangi masalah pembiayaan terkait pinjaman gagal bayar, atau pinjaman bank yang menunggak. Jasa mediasi BAMPI sangat mengerti permasalahan setiap nasabah. Kiprah jasa mediasi ini sudah teruji dan telah menyelesaikan banyak kasus hingga tuntas.

Jasa mediasi ini bisa membantu masalah tunggakan cicilan kita di bank, ceritakan semua permasalahan nanti pihak BAMPI akan memberikan solusi terbaik untuk kita,  Termasuk pengaduan atas tindakan debt collector saat meminta tunggakan pembayaran cicilan kita.

2. Jual Aset

Cara kedua untuk mengatasi tunggakan pinjaman bank adalah dengan menjual aset kita contohnya tanah, mobil, atau emas. Cara ini sangat baik agar permasalahan tunggakan cicilan bank anda tuntas. Kenapa harus jual aset? Karena jika kita pinjam dengan orang lain maka akn menimbulkan masalah lagi, kecuali anda dapat memastikan pemasukan keuangan anda.

3. Negosiasi dengan Bank

Negosiasi dengan pihak bank adalah cara terbaik, karena bank akan menilai kita kooperatif. Ceritakan permintaan anda dengan sebenarnya terkait tunggakan cicilan pinjaman tersebut. Negosiasi dengan bank adalah langkah positif daripada kita bersikap miss komunikasi.

4. Menggadaikan Aset

Jika Anda benar-benar tidak memiliki uang yang tersisa untuk melakukan pembayaran, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggadaikan barang yang memiliki taksiran yang sama atau lebih guna menutupi tunggakan pinjaman bank anda. Itulah cara terbaik mengatasi tunggakan pinjaman bank.