Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untung Rugi ikut Asuransi Unit Link

Ilustra foto diskartes.com
Seiring perkembangan zaman berbagai macam prodak bermunculan seperti fashion dan teknologi dan tidak terkecuali juga dengan produk asuransi yang sekarang ini membuat bingung karena terlalu banyak pilihan. Namun demikian, hal ini tentu menjadi hal yang positif juga karena sebagai konsumen tentu memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan sehingga mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari penggunaan asuransi tersebut.

Contoh produk asuransi yang banyak konsumennya dan yang banyak dipasarkan juga adalah jenis asuransi Unit Link. Alasan yang menjadikan jenis asuransi ini banyak konsumen dan banyak dipasarkan adalah karena memberikan manfaat yang dibutuhkan para konsumennya yaitu manfaat perlindungan dan juga manfaat investasi.

Meskipun asuransi ini memberikan manfaat untuk konsumennnya, namun jangan lupa anda juga harus mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian memilih asuransi ini untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Keuntungan Asuransi unit Link
  • Memiliki Banyak Pilihan
Jenis asuransi unit link beragam sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan setoran preminya, tujuan dan penempatan dananya. Berdasarkan jenis setorannya asuransi ini memiliki unit link premi tunggal dan unit link premi berkala.

Untuk unit link premi tunggal harus membayar preminya secara sekaligus, sedangkan untuk premi berkala membayar preminya pada kurun waktu bulanan, triwulan dan tahunan. Pengelompokan unit link berdasarkan tujuan akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya, misalnya tujuannya untuk Pendidikan atau pension. Sedangkan berdasarkan penempatan dananya, jenis unit linknya adalah unit link pasar uang, unit link pendapatan tetap, unit link campuran dan unit link saham.
  • Masa taggungan Panjang
Masa tanggungan asuransi unit link ini tidak tanggung-tanggung yaitu selama 75 tahun hingga 100 tahun. Mas ini tentu lebih Panjang dibandingkan dengan perlindungan yeng diberikan oleh asuransi jiwa murni yang hanya berkisar antara 60 hingga 70 tahun.
  • Cukup fleksibel
Fleksible ini artinya konsumen diberikan kemudahan untuk menambahkan dana atau mengalihkan dana investasi ke instrument investasi lainnya. Dan bahkan jenis asuransi ini dapat dicairkan sewaktu-waktu dibutuhkan.
  • Premi yang dibayar gk hilang
Banyak yang menganggap bahwa ketika mengambil asuransi maka premi yang dibayarkan akan hilang ketika tidak ada misalnya kecelakaan atau meningggal dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Namun berbeda dengan unit link karena premi yang dibayarkan akan langsung diinvestasikan oleh perusahaan asuransi, hasildari investasi tersebutlah akan menjadi nilai polis dan digunakan untuk membayar asuransi sehingga premi yang akan dibayarkan tidak akan hangus.

Kekurangan asuransi unit Link
  • Premi Besar
Dikatakan besar karena sebagian dari premi tersebut akan dibayarkan untuk investasi. Hal ini tentu berbeda dengan premi asuransi jiwa murni yanag hanya untuk pembayaran satu tujuan, misalnya hanya untuk asuransi kesehatan tanpa ada investasi.
  • Perlindungan Kecil 
Paling besar jumlah perlindungan yang ditawarkan oleh unit link adalah 250 juta, sehingga sebelum anda memilihnya maka anda terlebihdahulu mempertimbangkan kebutuhan asuransi anda. Jika berdasarkan perhitungan tersebut kebutuhanasuransi anda lebih besar maka kamu dapat mencari aternatif asuransi lainnya sesuai dengan kebutuhan.