Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebelum Buat Kartu Kredit perhatikan 10 Jenis Biaya yang akan anda tanggung

Ilustrasi foto kreditgogo.com
Dibalik segala kemudahan bagi pengguna kartu kredit ternyata ada juga dampak yang harus anda perhatikan agar aman dan nyaman dalam penggunaan kartu kredit. Kebanyakan orang yang menggunakan kartu kredit hanya memikirkan biaya keterlambatan dan biaya bunga. Namun pada kenyataannya banyak pengguna yang merasa kaget ketika ada pembayaran yang di luar perkiraan sehingga tagihan jadi membengkak di luar ekspektasi dan perhitungan. Untuk itu perhatikan macam-macam pembayaran kartu kredit agar anda tidak kaget lagi.

BUNGA

Biaya bunga ini akan dibebankan kepada nasabah yang membeli suatu barang dengan system kredit atau dicicil. Biasanya biaya bunga yang diberikan oleh bank kisaran 0% hingga 2,25% per bulan. Contoh kasusnya adalah misalnya anda membeli Handphone seharga 20 juta dengan program cicilan selama 3 bulan dengan bunga 2%. Maka setiap bulannya kamu harus mebayar ekstra 200 ribu/bulan.

IURAN TAHUNAN

Annual fee atau sering disebut dengan iuran tahunan merupakan biaya yang harus dibayar bagi nasbah pemegang kartu kredit sebagai kompensasi atas servis dan fasilitas yang telah diberikan oleh penerbit bank. Besarnya iuran ini tergantung masing-masing penerbit atau bank karena semakin lengkap fitur kartu dan semakin premium jenis kartu maka akan semakin tinggi biaya tahunan yang harusdibayar.

BIAYA KETERLAMBATAN

Jangan sekali-sekali terlambat atau menunda pembayaran tagihan kartu kredit anda karena jika anda terlambat untuk membayar maka akan ada denda atau bayaran tambahan yang dibebankan kepada anda. Biasanya besaran biaya keterlambatan ini sebesar 3% dari jumlah tagihan kartu kredit anda. Untuk menghindari lupa untuk membayar tagihan maka anda dapat menggunakan fitur pengiriman tagihan menggunakan email.

BIAYA TARIK TUNAI

Biaya Tarik tunai tidak hanya pada kartu debit, namun juga kartu kredit dikenakan biaya Tarik tunai. Misalnya limit Tarik tunai pada kartu kredit anda 20 juta namun anda mengalami kondisi yang mendesak yang mengharuskan anda untuk menarik 10 juta lagi, maka anda kana dikenakan biaya 4-6% dari jumlah dana yang ditarik karena uang yang ditarik tersebut bukanlah uang anda sendiri melainkan uang pinjaman dari bank. Jika sudah melakukan hal seperti ini maka anda harus segera melunasi sebelum jatuh tempo karena jika tidak maka anda siap-siap untuk dikenakan bunga pada bulan berikutnya yang semakin besar.

BIAYA KONVERSI MATA UANG

Jika anda membeli barang dari luar negeri seperti Amazon maka pembayaran biasanya menggunakan kartu kredit sehingga jika anda melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit yang notabene rupiah dan akan mebayar dalam bentuk dollar maka anda akan dikenakan biaya konversi mata uang sebesar 1-2% untuk Visa atau Mastercard dan 1,5-2,5% dari nilai transaksi untuk biaya bagi penerbit kartu kredit.

BIAYA MATERAI

Jika anda melakukan transaksi 250 ribu-1 juta maka diperlukan materai 3000 sedangkan untuk transaksi kartu kredit di atas 1 juta maka diperlukan materai 6000 yang mana biaya tersebut dibebankan kepada nasabah.

BIAYA MENGGANTI KARTU KARENA RUSAK ATAU HILANG

Jika kartu kredit anda hilang atau rusak maka mau tidak mau anda akan mengurusnya ke penerbit kartu kredit untuk mengganti kartu anda yang hilang atau rusak. Namun perlu anda ketahui untuk mengurusnya tentunya tidak bebas biaya karena setiap penerbit memiliki kebijakan masing-masing dalam menetapkan biaya kartu yang hilang atau rusak. Biasanya biaya yang dikenakan kisaran 30 hingga 50 ribu.

BIAYA CETAK TAGIHAN BULANAN

Jika anda mencetak tagihan bulanan tentunya akan dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan masing-masing penerbit kartu kredit, meskipun ada juga penerbit yang membebaskan biaya cetak tagihan bulanan. Untuk menghemat biaya anda bisa melihat tagihan kartu kredit anda mlalui e-statement atau tagihan yang dikirim melalui email.

BIAYA PEBATALAN CICILAN

Jika anda memiliki cicilan kartu kredit dan melakukan pelunasan sebelum jangka waktu cicilan kartu kredit berakhir maka anda akan dikenakan biaya pembatalan cicilan sebesar 200 hingga 250 ribu.

BIAYA SALINAN BUKTI TRANSAKSI

Salinan bukti transaksi ini diperlukan ketika ada kejanggalan biaya penggunakan kartu kredit, karena bisa saja kartu kredit digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab sehingga anda ingin mengetahui transaksi apa saja yang telah dilakukan. Untuk biaya Salinan transaksi ini sebesar 25 ribu hingga 100 ribu