Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Tabungan Tahapan BCA Biasa Atau Tahapan BCA Xpresi? Simak perbandingan nya

Seperti yang kita tahu bahwasanya Bank BCA memiliki banyak jenis produk tabungan yang dapat di pilih oleh para nasabahnya sesuai dengan kebutuhan. Produk yang bisa anda pilih diantaranya adalah Tahapan BCA Biasa dan Tahapan BCA Xpresi. Lalu mana yang lebih baik diantara keduanya?

Perbedaan keduanya dapat dilihat dari berbagai aspek yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi nasabah Bank BCA, berikut adalah penjelasannya:

SETORAN MINIMUM

Setoran awal untuk membuka tabungan Tahapan BCA biasanya minimal 500.000 dan dapat ditarik kembali oleh nasabah setelah tabungan sudah jadi. Sedangkan membuka Tahapan BCA Xpresi hanya perlu setor awal minimal 50.000. Untuk menabung selanjutnya kedua jenis tabungan tersebut dengan jumlah minimal 50.000. Sedangkan untuk melakukan tabungan dapat dilakukan kapan saja jadi tidak harus setiap hari atau satu minggu sekali, nasabah bebas.

FASILITAS

Biasanya setiap membuka rekening tabungan pasti mendapatkan buku tabungan yang nantinya berisi catatan debit kredit yang nasabah lakukan. Buku tabungan ini didapatkan bagi nasabah dengan tabungan Tahapan BCA. Sedangkan untuk nasabah Tahapan BCA Xpresi tidak mendapatkan fasilitas buku tabungan, namun anda jangan khawatir karena segala jenis transaksi dapat dilakukan di mobile banking atau internet banking.

BIAYA ADMINISTRASI

Jumlah biaya administrasi keduanya tentu berbeda, untuk tabungan tahapan BCA biasanya tergantung jenis kartu yang dimiliki dengan biaya administrasi 15.000 untuk silver, 17.000 untuk gold dan 20.000 untuk platinum. Sedangkan untuk tabungan Tahapan BCA Xpresi dikenakan biaya 5.000.

Biaya administrasi ini langsung diambil oleh pihak bank dari saldo pada tanggal tertentu di setiap bulannya. Jika saldo anda kosong dalam jangka waktu tiga bulan maka rekening tabungan anda bisa saja hangus atau ditutup tanpa pemberitahuan dari pihak Bank.

SYARAT PEMBUATAN

Pembukaan rekening Tabungan Tahapan BCA memiliki syarat khusus yaitu calon nasabah harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), ini artinya calon nasabah minimal berusia 17 tahun. Syarat lainnya adalah para calon nasabah juga harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan jika syarat ini tidak ada kemungkinan pengajuan anda akan ditolak.

Sedangkan untuk pembukaan rekening tabungan Tahapan BCA Xpresi bisa diajukan oleh semua umur yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu: kelompok umur 0-12 tahun, 12-17 tahun dan 17 tahun ke atas. Jadi jika anaknya atau calon nasabah belum memiliki KTP maka dapat menggunakan identitas orangtuanya seperti KK, KTP orang tua, Akta Kelahiran atau Kartu Pelajar.

CARA PEMBUATAN

Secara umum, proses atau cara pembuatan kedua jenis tabungan tersebut sama yaitu datang ke bank BCA dengan membawa syarat-syaratnya lalu ke Customer Service dan anda tinggal bilang ingin membuka tabungan sesuai kebutuhan anda.

Namun disini yang sedikit berbeda adalah bahwa untuk membuka tabungan XPresi harus datang dengan orangtuanya bagi yang di bawah umur 17 tahun, sedangkan yang di atas 17 tahun dapat datang sendiri dengan membawa surat persetujuan dan KTP orangtua.