Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jika kartu kredit tidak dipakai apakah ada tagihan? Iya ada

Ilustrasi kartu kredit (foto kontan.co.id)
Pertanyaan terkait kartu kredit yang tidak dipakai apakah ada tagihan? Jawabannya ia tetap ada tagihan. Biasanya orang yang menggunakan kartu kredit adalah mareka yang ingin mendapatkan kemudahan dalam segala hal termasuk kemudahan dalam berbelanjan dan pembayaran lainnya seperti pembeyaran telpon, listrik, air dan lain sebagainya.

Jadi sangat jarang sekali orang yang memiliki kartu kredit namun tidak digunakan. Mungkin niat dari tidak menggunakan kartu kredit adalah untuk berhemat, namun anda harus berhati-hati jika kartu kredit tidak digunakan karena ada konsekuensi yang tentu menjadi beban untuk anda.

Perlu anda ketahui bahwasanya sekali kartu kredit diaktifkan maka kartu tersebut akan selalu hidup yang artinya akan selalu ada biaya walaupun tidak digunakan, dan itu akan terus sebelum ada keputusan untuk dinonaktifkan oleh pemilik kartu kredit ataupun pihak bank.

Tagihan Ketika Kartu Kredit Tidak Dipakai

Jadi sebelum anda membuat kartu kredit anda harus pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan, karena tidak dipakaipun kartu kredit akan tetap dibayar, berikut adalah biaya yang harus anda tanggung ketika kartu kredit tidak digunakan:

Kena Biaya Tahunan

Biaya tahunan ini akan selalu ada baik digunakan atau tidaknya kartu kredit dan anda akan tetap dibebani iuran tahunan setiap kali tagihan dikirim per bulan. Mungkin sebagian dari anda ada yang tenang-tenang saja karena tidak ada biaya tahunan, namun anda jangan senang dulu karena biaya tahunan yang gratis hanya selama satu tahun, dan untuk tahun selanjutnya anda harus tetap membayar iuran tahunan tersebut.

Besaran biaya iuran ini tergantung pada bank penerbit kartu kredit dan biasanya besaran iuran tahunan ini antara 200 ribu hingga 450 ribu. Jadi bagi anda yang memiliki kartu kredit namun tidak digunakan maka anda rugi karena tidak dapat menggunakan fasilitas kemudahan kartu kredit namun tetap membayar iuran tahunan.

Kena Tagihan Hutang

Mungkin sebagian nasabah yang tidak menggunakan kartu kredit secara terus menerus akan lupa untuk membayar iuran tahunan. Namun ini justru menjadi sebuah petaka karena iuran tahunan semakin lama akan semakin banyak sehingga akan membuat anda terkaget-kaget dengan tagihannya.

Dampak Buruk Kartu Kredit Tidak Dipakai
Tidak Mendapatkan Pinjaman

Terkadang orang kayapun akan mengalami kesulitan dalam keuangan sehingga membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk menutupi sesulitan tersebut. Namun jika selama ini anda memiliki kartu kredit namun tidak pernah digunakan maka kesempatan untuk mendapatkan skor kartu kredit sangat sulit, padahal skor ini sangat menguntungkan dari segi finansial. Jadi ketika anda akan meminjam uang dari pihak bank namun dilihat dari riwayat transaksi anda termasuk pasif maka anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Kartu Dinonaktifkan

Jika kartu kredit anda tidak digunakan selama beberapa bulan maka besar kemungkinan kartu anda akan dinonaktifkan, meskipun ada beberapa bank yang tidak langsung melakukan hal tersebut karena anda tetap dikenakan iuran tahunan. Biasanya jika kartu anda akan dinonaktifkan dari pihak bank terlebihdahulu ada pemberitahuan tentang penonaktifan ke pemilik kartu kredit.

Kehilangan Manfaat

Yang paling utama tentunya anda akan kehilangan manfaat dari kartu kredit itu sendiri. Misalnya sedang ada promo cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit untuk membeli suatu prodak seperti Handphone atau bahkan ada promo diskon untuk jalan-jalan ke luar negeri bagi pengguna kartu kredit.