Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Tabungan Investasi untuk Hari Tua yang bagus dan Terjamin

Ilustra foto detik.com
Setiap orang pasti akan melalui hari tua jika sang kuasa menganugerahkan umur yang panjang. Tentu sebelum datang masa tua sangat baik sekali jika kita merencanakan hal yang baik agar saat tua tiba kita bisa menikmati sesuatu yang kita upayakan sebelumnya, yaitu dengan menabung atau investasi.

Tidak semua orang mampu menyiasati hal ini, khusus nya investasi atau punya tabungan yang bisa dinikmati saat renta kelak. Jika umumnya orang sudah mandiri sejak muda terkadang saat masa tua nya tiba belum juga mampu menikmati apa yang sudah direncanakan sejak ia masih muda.

Menabung berarti sama dengan berinvestasi. Kita ambil contoh, misal sebelum masa pensiun banyak orang menabung untuk dinikmati hari tua nanti. Tetapi apakah, semua tabungan dengan judul " Investasi untuk hari tua" itu berhasil? Belum tentu, karena banyak sekali jenis tabungan yang menawarkan investasi untuk hari tua.

Tabungan untuk hari tua jarang tercapai, karena rata rata orang yang melakukan itu tidak berhasil, banyak yang putus ditengah jalan. Misal faktor kebutuhan yang mengharuskan tabungan / investasi nya di ambil sebelum masa tua nya tiba.

Pilihan Investasi Hari Tua yang Pas

Kita coba mengulas investasi untuk masa tua yang pas dan betul betul bisa dinikmati saat tua nanti. Pembahasan ini diluar dari gaji pensiun karena gaji pensiun sebetulnya bukanlah investasi hari tua melainkan pesangon dari negara sebagai tanda balas jasa. Berikut jenis tabungan investasi yang terjamin untuk hari tua.

Tabungan Berjangka

Mungkin sekilas tabungan berjangka sama saja dengan tabungan biasa, tetapi sebenarnya jenis tabungan ini fokus pada hari tua lho. Jika kita punya gaji tetap atau mampu menyisihkan minimal 100rb perbulan itu bagus sekali. Semua bank punya layanan tabungan berjangka. Jadi kalau secara jelas bisa datang ke kantor bank terdekat di kota anda.

Tabungan berjangka sangat cocok untuk dinikmati hari tua, karena jika sudah menabung berjangka dana tersebut tidak bisa dicairkan sebelum jangka yang sudah kita sepakti misal 10 tahun baru bisa cair.

Investasi di Properti

Sangat nyata dan terbukti bahwa aseet tanah atau bangunan memiliki potensi yang menghasilkan berlipat dari nilai awal seiring dengan waktu. Jika kita mampu beli lahan atau rumah sungguh ini investasi untuk hari tua yang terjamin bisa dinikmati.

Kalau mampu membangun asset berupa ruko atau kosan, itu langkah yang tepat. Hasilnya pun akan semakin terasa dinikmati hingga tua nanti. Begitu juga investasi tanah. Harga tanah pasti akan jauh lebih tinggi seiring waktu.